Keinginan Ganjar Pranowo di Upacara Pelantikannya

Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq (Solo)
VIVAnews
Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik
- Gubernur Jawa Tengah terpilih, Ganjar Pranowo, Senin 5 Agustus 2013, menyatakan ingin upacara pelantikannya diselenggarakan di tempat terbuka.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Keinginannya ini, lantaran Ganjar ingin mengakomodasi permintaan masyarakat untuk menyaksikan pelantikan kepala daerahnya yang baru secara langsung.
Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan


"Hal serupa juga terjadi pada saat pelantikan Gubernur Papua serta Gubernur Sulawesi Selatan. Oleh sebab itu, saya pun menginginkan pelantikan dilakukan di tempat terbuka," kata Ganjar Pranowo di Solo, Jawa Tengah.


Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah pada  23 Agustus 2013.


Ganjar menjelaskan, keinginannya adalah prosesi pelantikannya nanti dilakukan di lapangan maupun di pelataran Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah. Dengan harapan, supaya publik bisa terlibat dalam acara pelantikan itu.


Namun, ternyata, keinginannya itu tidak bisa diwujudkan. Ganjar harus sedikit  kecewa, karena pihak DPRD Provinsi Jawa Tengah memutuskan upacara pelantikan itu tidak digelar di luar gedung.


"Tampaknya pelantikan akan dilakukan di dalam gedung. Tetapi, saya meminta nanti dipasang layar monitor di luar gedung, supaya publik bisa melihat saat prosesi pelantikan nanti," kata Ganjar.


Untuk menentukan siapa yang akan diundang hadir dalam pelantikan nanti pun, Ganjar mengakui merasa kesulitan. Sebab, banyak relawan-relawan, politisi di daerah-daerah, serta tokoh-tokoh masyarakat yang meminta untuk hadir.


"Saya agak sulit sebenarnya untuk memberikan kesempatan kepada mereka. Tetapi, jika semuanya bisa dihadirkan, ini bisa menjadi pesta rakyat Jawa Tengah," kata Ganjar.


Karena muncul banyak keinginan dari masyarakat untuk hadir dalam pelantikan, Ganjar melanjutkan, akhirnya beberapa teman berinisiatif untuk membuatkan acara sendiri di luar agenda pelantikan itu.


"Partai juga akan membuat acara dengan cara yang diinginkan oleh partai," kata Ganjar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya