Puncak Arus Mudik. 3.500 Bus Masuki Solo Hari Ini

Pemudik telah tiba di Terminal Tirtonadi, Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq
VIVAnews
Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
- Hari ini merupakan puncak kedatangan para pemudik di Terminal Tirtonadi Solo. Jumlah bus maupun penumpang yang masuk ke terminal tersebut mengalami lonjakan sekitar 100 persen. Selain bus reguler, bus rombongan mudik dari sejumlah parpol dan instansi perusahan mulai memadati Terminal Tirtonadi.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Berdasarkan pantauan VIVAnews, Minggu 4 Agustus 2013, bus yang mengangkut pemudik terlihat berlalu lalang memasuki terminal kedatangan di Terminal Tirtonadi. Bus tersebut berdatangan setiap satu menit sekali. Saking padatnya jumlah bus yang masuk, petugas terminal terlihat sibuk mengurus tempat pemberhentian bus untuk menurunkan para penumpang.
Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 


Tak hanya bus reguler, bus rombongan mudik gratis juga hilir mudik memasuki terminal. Di antaranya bus mudik gratis dari sejumlah parpol serta perusahaan swasta terlihat memadati terminal kedatangan di Terminal Tirtonadi Solo.


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infromasi (Dishuhkomninfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat mengungkapkan puncak kedatangan para pemudik di Terminal Tirtonadi terjadi pada H-4 Lebaran yang bertepatan dengan hari ini, Minggu.  “Sejak awal kami memprediksi bahwa puncak arus mudik terjadi pada hari dengan jumlah kenaikan penumpang mencapai 100 persen,” ujar dia kepada VIVAnews, Minggu 4 Agustus 2013.


Lebih lanjut dia menyebutkan, jumlah kenaikan penumpang itu terjadi dari 20 ribu orang pada hari biasa, kini melonjak melebihi 40 ribu orang. Selain kenaikan jumlah penumpang, jumlah bus yang masuk juga mengalami lonjakan yang sama, yakni dari 1.700 armada menjadi 3.500 armada bus.


“Prediksi ini sebetulnya berdasarkan kemacetan yang terjadi selama perjalanan dari Jakarta menunju Solo. Seharusnya datangnya kemarin tetapi karena macet sehingga hari ini terjadi akumulasi kedatangan para pemudik,” jelas dia.


Pada arus mudik Lebaran tahun ini, Yosca menyebutkan bahwa lonjakan rombongan mudik gratis mengalami kenaikan yang signifikan, khususnya mudik gratis yang dilakukan oleh sejumlah parpol. Hal ini sangat beralasan, sebab parpol maupun caleg ramai-ramai mencari simpati untuk pemilihan umum legislatif pada 2014 mendatang. “Kalau arus mudik tahun lalu ada sekitar 500 bus rombongan gratis dari parpol, kini naik menjadi sekitar 700 bus,” katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya