Sudah 38 Ribu Pemudik Tiba di Terminal Solo

Pemudik telah tiba di Terminal Tirtonadi, Solo
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodiq
VIVAnews
Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
- Arus mudik Lebaran mulai terlihat di Terminal Tirtonadi Solo. Lonjakan kedatangan jumlah penumpang dari Jakarta sudah mulai terlihat sejak H-7 Lebaran kemarin. Puncak lonjakan arus mudik tujuan Terminal Tirtonadi diperkirakan akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu besok.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
 
Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"
Pantauan VIVAnews, Jumat 2 Agustus 2013, lonjakan jumlah penumpang mulai terlihat di titik penurunan di Terminal Tirtonadi  Solo. Selain dari Jakarta, kenaikan jumlah penumpang yang turun di terminal juga terlihat dari arah Jawa Timur.
 

Kepala Terminal Tirtonadi Solo, MV Jamila, mengatakan lonjakan jumlah penumpang arus mudik sudah mulai terasa sejak H-7 pada hari Kamis kemarin. Berdasarkan data menunjukkan pada H-7 jumlah penumpang yang tiba di Terminal Tirtonasi mencapai 38.740 orang. Sedangkan jumlah armada bus yang datang mencapai 2.516 unit.

 

“Kalau dibandingkan hari biasa, pada H-7 menjelang Lebaran itu sudah ada kenaikan dua kali lipat. Sebagian besar penumpang berasal dari Jakarta. Mereka tiba di Solo dengan menggunakan bus mudik gratis,”  kata dia, Jumat, 2 Agustus 2013.

 

Lebih lanjut dia menungkapkan setibanya di Solo, para penumpang yang mengikuti program mudik gratis yang dilakukan sejumlah perusahaan itu selanjutnya meneruskan perjalanan pulang ke kampung halamannya. “Kebanyakan para pemudik itu pulang ke Wonogiri seperti daerah Purwantoro dan daerah lainnya,” ucap dia.

 

Puncak kedatangan arus mudik di Terminal Tirtonadi, diperkirakan Jamillaa, pada hari Sabtu dan Minggu. Sehingga sore nanti diprediksi banyak penumpang dari Jakarta yang akan berangkat menuju Kota Solo.

 

“Kalau berdasarkan pengalaman tahun kemarin, jumlah penumpang pada puncak arus mudik pada tahun ini akan cukup meningkat. Pada dua tahun lalu puncak arus mudik mencapai 16 ribu orang, tapi tahun kemarin melonjak menjadi 68 ribu orang,” katanya.

 

Selain mencatat jumlah kedatangan penumpang, data tersebut juga menunjukkan jumlah keberangkatan penumpang dari Terminal Tirtonadi. Jumlah penumpang hingga H-7 yang berangkat dari Tirtonadi menuju kota tujuan mencapai 31.932 orang. Sedangkan jumlah bus yang berangkat dari Solo. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya