NASIONAL

Empat Cara Sehat Mengolah Jamur

Pertahankan rasa alami dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
Jum'at, 2 Agustus 2013
Oleh : Mutia Nugraheni, Tasya Paramitha
Sate jamur
VIVAlife - Teksturnya yang kenyal, rasanya yang nikmat, membuat jamur banyak disukai banyak orang. Untuk para vegetarian, jamur jadi sumber protein andalan. Kandungan vitamin dan mineralnya juga sangat tinggi.

Namun, jangan salah dalam mengolahnya, karena akan mengurangi dan menghilangkan kadar nutrisinya. Terdapat beberapa cara terbaik untuk memasak jamur agar tetap sehat dan rasa aslinya tetap terjaga. Jangan selalu digoreng tepung, cobalah empat cara ini.

1. Dipanggang

Cara terbaik untuk mengeluarkan cita rasa manis jamur adalah dengan memanggangnya. Memanggang juga merupakan metode memasak jamur yang sehat. Anda dapat melumurkan sedikit minyak zaitun pada jamur sebelum menaruhnya ke dalam oven untuk mengeluarkan cita rasa alaminya. Diamkan di dalam oven hingga berwarna kecokelatan

2. Ditumis

Cara lain untuk memasak jamur yang sehat adalah dengan menumisnya. Metode ini tak hanya sehat, namun juga sederhana dan lezat. Tumisan jamur, seperti dikutip dari Bold Sky, juga merupakan cara tercepat dalam mengolah jamur. Sedikit tips agar jamur cepat matang, potong-potong terlebih dahulu. Jangan lupa membumbuinya dengan tidak berlebihan agar tak menghilangkan rasa alaminya.

3. Masak perlahan
Memasak perlahan adalah memasak di atas api kecil dengan sedikit cairan seperti kaldu, butter atau wine yang terus-menerus disiramkan pada jamur. Metode ini mampu membuat jamur jadi sangat kaya rasa.

4. Dibakar

Karena hanya membutuhkan sedikit minyak, membakar jamur termasuk cara yang sehat untuk memasak jamur. Dengan membakarnya, jamur jadi akan beraroma asap yang nikmat serta tekstur yang lembut. (art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found