Wamen: Pegawai LP Cipinang Benarkan Adanya Penyimpangan

ruang kalapas yang digunakan vanny
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana mengatakan, hingga saat ini sudah 11 pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Cipinang yang diperiksa terkait adanya penyimpangan di dalam lapas. Penyimpangan itu berupa pemberian fasilitas khusus bagi gembong narkoba Freddy Budiman.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Saat ditemui di Istana Negara, Senin 29 Juli 2013, Denny mengungkapkan, 10 orang di antara pegawai yang telah diperiksa telah mengakui adanya ruang di dalam lapas yang digunakan di luar fungsinya. "Kemudian ada uang yang dibayarkan. Sampai saat ini masih ada satu orang yang belum mengakui itu," kata Denny.

Ia pun membenarkan, saat ini Kalapas Cipinang beserta tiga stafnya sudah dicopot dari jabatannya. Setelah pemeriksaan, Denny menegaskan, mereka tidak akan dipekerjakan kembali di tempat yang sama. "Sejauh ini penyimpangan sudah kelihatan."

Menurut Denny, semua langkah-langkah yang diperlukan untuk penertiban lapas tidak hanya di Cipinang. Untuk di Jakarta, kata dia, Rutan Salemba juga termasuk tahanan yang ditingkatkan penertibannya. "Sebenarnya dengan penyimpangan-penyimpangan yang muncul ini juga mengindikasikan penertiban sedang serius dilaksanakan," ucapnya.

Mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Cipinang, Thurman Saud Hutapea, Sabtu 27 Juli 2013, mengakui ada tiga pegawai Lapas yang dipecat. Dia pun dicopot dari jabatannya terkait dugaan skandal pemberian fasilitas khusus kepada terpidana mati gembong narkoba, Freddy Budiman.

Menurut Thurman, ketiga pegawai yang dicopot itu adalah  Bambang (Kepala Seksi Penerimaan Kunjungan), Irwan (Kepala Seksi Kegiatan Kerja), dan Abner Jolanda (Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja). "Mereka sudah di-nonjob-kan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Vanny Rossyane, model majalah dewasa membongkar kebobrokan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cipinang, Jakarta Timur. Ia mengaku kerap berhubungan seks dan memakai narkoba bersama Freddy, mantan kekasihnya yang juga gembong narkoba internasional di sejumlah ruangan di lapas Cipinang. Salah satu ruangan itu adalah ruang kerja kalapas saat dijabat Thurman Hutapea. (ren)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Kepala Humas Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rahmat Petuguran mengatakan ada 27 mahasiswa UNNES yang mengikuti Ferienjob di Jerman

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024