Bendungan Way Ela Jebol, Tinggi Banjir Mencapai 7 Meter

Waduk Way Ela di Maluku Tengah
Sumber :
  • www.pu.go.id
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Sebanyak 5.227 warga jadi pengungsi akibat jebolnya bendungan Way Ela di Maluku Tengah, pada Kamis malam, 25 Juli 2013. Hujan yang terus-menerus menyebabkan tekanan air jadi begitu besar dan meruntuhkan bendungan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Bencana itu terjadi pada pukul 10.30 WIT dan memakan korban. Menurut data sementara, satu orang meninggal dunia, satu orang hilang, delapan orang luka berat, dan 24 luka ringan.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa


Pengungsi yang mencapai 1.027 kepala keluarga tersebar di beberapa titik. Kerusakan fisik antara lain: 470 rumah, tiga SD, SMAN 5 Leyhitu, satu madrasah, dua musala, satu kantor KUD, dan sarana air bersih. Selain itu, satu jembatan dan menara Telkomsel hanyut.


"Tinggi banjir sekitar 6-7 meter. Kondisi bendungan saat ini sudah surut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.


Kepala BNPB, Syamsul Maarif, telah melaporkan kejadian bencana ini kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden mengintruksikan segera diambil langkah-langkah untuk mengamankan masyarakat.


"Korban yang hilang segera dicari dan yang selamat dirawat. Semua kebutuhan dasar pengungsi agar segera dipenuhi," katanya, menirukan.


BNPB telah mengerahkan dua pesawat Hercules guna mengirimkan bantuan. Bantuan logistik yang dikirimkan, antara lain: tambahan lauk pauk 1.250 paket, sandang 1.250 paket,
kidsware
1.250 paket,
family kit
1.250 paket, tenda pengungsi 20 paket, tenda gulung 500 lembar, peralatan dapur 304 paket, kelambu 500 lembar, dan sebagainya.

 

BPBD Maluku Tengah sudah menyiapkan tempat pengungsian seminggu sebelumnya. Rabu malam masyarakat sudah dievakuasi karena kondisi bendungan Way Ela sudah sangat kritis. Dapur umum dan pos kesehatan terlah beroperasi.

 

Bendungan Way Ela adalah bendungan alami yang terbentuk pada 13 Juli  2012, akibat longsoran tebing yang menutup alur sungai di desa Negeri Lima, Kecamatan Leyhitu, Kabupaten Maluku Tengah. 


Panjang bendungan 1.100 meter, lebar 300 meter dan kedalaman 35 meter. volume sekitar 19,8 juta meter kubik. Hampir 20 kali lipat daripada volume air Situ Gintung. (kd)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya