FOTO: Bandara Kualanamu Resmi Gantikan Polonia

Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA/M Syafii
VIVAnews
Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
– Tengah malam tadi, Lion Air dan Air Asia menjadi dua pesawat terakhir yang mendarat di Bandara Polonia, Medan, untuk selama-lamanya. Bandara yang sudah beroperasi lebih dari 70 tahun itu hari ini resmi berhenti beroperasi. Perannya digantikan oleh Bandara Kualanamu di Deli Serdang, juga Sumatera Utara, yang berukuran 10 kali lipat lebih luas dari Bandara Polonia.

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) mulai beroperasi tepat pukul 00.01 WIB, Kamis 25 Juli 2013. Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA 181 tujuan Jakarta menjadi pesawat pertama yang terbang dari landasan Kualanamu pada pukul 05.00 WIB pagi tadi. Untuk hari pertama ini, akan ada 118 penerbangan dari Kualanamu.
Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt


Lihat penutupan Bandara Polonia dan pengoperasian Bandara Kualanamu .


Bandara Kualanamu yang terletak di Pulau Andalas berdiri di lahan seluas 1.365 hektare dan memiliki panjang landasan 3.750 x 60 meter. Bandara yang dibangun dengan anggaran Rp5,8 triliun ini mampu didarati pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 747-400 serta Airbus.


Kualanamu punya luas terminal penumpang sebesar 118.930 meter persegi, dan mampu menampung 8,1 juta penumpang per tahun – bandingkan dengan daya tampung Bandara Polonia yang hanya 900 ribu penumpang per tahun. Pada tahap pengembangan lanjutan, Kualanamu bahkan didesain mencapai kapasitas maksimal untuk melayani hingga 22,1 juta penumpang per tahun.


Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai Bandara Kualanamu berpotensi menjadi bandara terbaik di Indonesia. Bandara ini punya keunggulan sistem navigasi yang lebih canggih, stasiun pengisian bahan bakar pesawat yang terintegrasi dengan bandara, dan sistem transportasi kereta api yang juga terintegrasi dan berhenti langsung di areal bandara. Ini menjadikan Kualanamu sebagai satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi sistem kereta.


Bandara Kualanamu menerapkan sistem terbuka untuk proses
check-in
dengan areal
check-in
yang luas. Ada sebanyak 80
counter check-in
yang telah dilengkapi teknologi
Baggage Handling System
– teknologi penanganan bagasi otomatis yang digunakan pertama kali oleh bandara di Indonesia.


Kualanamu memiliki tingkat pendeteksi keamanan tertinggi hingga level 5. Teknologi ini memungkinkan penumpang untuk melakukan
check-in
bagasi di
counter
manapun tanpa takut barangnya tertukar jadwal penerbangan. Bandara ini juga dilengkapi 8 garbarata (
avio bridge
) yang menghubungkan penumpang langsung dari area keberangkatan di dalam terminal menuju kabin pesawat. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya