Kapal Imigran Karam, Sudah 11 Orang Ditemukan Tewas

Mayat Imigran Gelap
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Tim SAR gabungan kembali menemukan dua imigran korban kapal karam di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan, Jawa Barat, Rabu 24 Juli 2013 sekitar pukul 03.00 WIB kemarin. Sudah 11 orang meninggal dunia akibat kejadian ini.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Martinus Sitompul mengatakan,  kedua korban tersebut ditemukan tim SAR gabungan pada Kamis pagi, 25 Juli 2013. "Pencarian dihari kedua ini, kita temukan dua korban meninggal dunia, jadi total korban meninggal dunia 11 orang," katanya kepada VIVAnews.

Ditambahan Martinus, korban selamat mencapai 189 orang. Korban luka ringan mendapat perawatan di mess Pantai Jayanti dan di aula kantor desa Sukapura Kecamatan Cidaun.

Lebih lanjut Martinus mengatakan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban lainnya. Diberitakan sebelumnya, kapal pengangkut imigran yang memuat 200 imigran ini karam sekitar pukul 03.00 WIB.

Ratusan orang berhasil diselamatkan, namun beberapa imigran meninggal dunia. Puluhan orang masih dinyatakan hilang dan hingga kini masih dalam pencarian.

Diduga penyebab karamnya kapal tersebut selain melebihi kapasitas adalah karena terhempas ombak besar sehingga kapal pecah. Para imigran yang berada di kapal berasal dari Srilangka, Banglades, Iran, Irak dan Bahrain dengan tujuan untuk menyeberang ke Australia guna mencari suaka.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Sejak tahun 2001 silam, sebanyak 1.000 orang dilaporkan tewas dalam perjalanan menuju ke Pulau Christmas yang berada di teritori Australia. Tahun ini, sudah ada 15 ribu pencari suaka yang tiba di Australia dengan menggunakan kapal.

Pemerintah Australia juga sudah mengumumkan kebijakan baru untuk mencegah tingginya jumlah pengungsi manusia kapal yang menuju negara mereka melalui Indonesia. Dalam kebijakan itu, para pencari suaka yang tiba di Australia akan dikirim ke fasilitas penahanan sementara di Papua Nugini untuk diproses. (eh)

Pemain Timnas Qatar U-23 merayakan gol

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024