Merapi Erupsi, Hujan Abu Sejauh 14 Km dari Puncak Gunung

Letusan Merapi tahun 2010
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri
VIVAnews
Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
- Erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah, Senin 22 Juli 2013, menimbulkan hujan abu di sejumlah wilayah di dua provinsi. Selain Jawa Tengah, hujan abu juga terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Hujan abu ini melanda areal 7 hingga 14 kilometer dari puncak gunung," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit


Hujan abu terpantau turun di wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, dan Klaten di Jawa Tengah. Hujan abu juga terjadi di sekitar Kali Tengah Lor, Kali Tengah Kidul, Srunen, di daerah Cangkringan, Kaliurang Sleman Yogyakarta.


BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Tengah, BPBD Provinsi Yogyakarta, BPBD Klaten, BPBD Sleman, BPBD Magelang, BPBD Boyolali, BPPTKG, dan PVMBG Badan Geologi.


"Aktivitas Merapi akan dievaluasi apakah aktivitas akan berlanjut ke erupsi magmatik atau tidak. Pemantauan akan diintensifkan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan selalu siap siaga," jelasnya.

 

Status aktivitas gunung api memiliki empat tingkatan yaitu normal aktif, waspada, siaga, dan awas. Gunung api umumnya memiliki sifat
slow on set
. Artinya, bencana tidak terjadi secara tiba-tiba dan dapat diprediksikan. (kd)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya