Hotspot di Sumatera Meningkat, Singapura Bersiap 'Sambut' Asap

singapura diselimuti kabut asap
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVAnews - Dalam beberapa terakhir, titik api (hotspot) di Sumatera meningkat tajam. Berdasarkan pemantauan satelit pemantau cuaca dan pendeteksi panas bumi (NOAA) 18, jumlah hotspot di wilayah ini pada Sabtu lalu, mencapai 159 titik.

Dikutip dari laman Bernama edisi Minggu 21 Juli 2013, titik panas terbanyak berada di Riau yakni 63 titik. Selain di Riau, titik panas juga terlihat di Aceh dan Sumatera Utara.

Badan Lingkungan Nasional (NEA) mengatakan, Singapura mungkin mengalami kondisi berkabut dalam beberapa hari mendatang. Namun, ini tergantung arah tiupan angin.

"Saat ini, angin bertiup dari arah Tenggara atau Selatan. Asap tidak langsung tertiup ke arah Singapura, saat ini," demikian pernyataan NEA.

NEA akan memberikan peringatan bagi publik jika asap datang mendekat.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Badan ini juga mencatat, kualitas udara beberapa wilayah di Semenanjung Malaysia menurun, sejak Sabtu pagi. Indeks udara polusi tertinggi terjadi Minggu pukul 5 di Bukit Rambai dengan indeks mencapai 98.

Sebelumnya, Malaysia dan Singapura, serta ASEAN mendesak agar Indonesia meratifikasi perjanjian di kawasan Asia Tenggara soal pencemaran asap lintas batas negara atau lazim disebut "Transboundary Haze Pollution Agreement."

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Dari semua anggota ASEAN, hanya Indonesia yang belum juga mengesahkan perjanjian tersebut.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024