Pemilih di PIlkada Jawa Timur 30 Juta

Tiga pasang peserta Pilkada Jawa Timur
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat
VIVAnews
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
- Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilukada Tingkat Provinsi oleh KPU Provinsi Jatim di Hotel Novotel Surabaya, merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Jatim 29 Agustus 2013 sebanyak 30.019.300 orang. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 14.805.723 orang dan pemilih perempuan sebanyak 15.213.577 orang.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Jumlah DPT pemilukada Jatim 2013 sebanyak 30.019.300 pemilih. Sedangkan total TPS di seluruh Jatim diketahui sebanyak 71.033 TPS," ujar Ketua KPU Jatim, Andrey Dewanto Ahmad, Jumat 19 Juli 2013.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget


Di pleno itu hadir juga KPU kabupaten/ kota seluruh Jatim, Bawaslu Jatim dan tim kampanye tiga pasangan calon yang lolos maju di pemilukada 29 Agustus 2013 mendatang.


Andrey menyebut jumlah DPT pemilukada Jatim 2013 meningkat dibanding Pilgub Jatim 2008 lalu yang tercatat 29 juta. Peningkatan jumlah pemilih di Jatim yang tidak terlalu besar itu, lanjut Andrey disebabkan program KTP elektronik (e-KTP) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.


KTP elektronik membuat seseorang tidak bisa memiliki KTP ganda. Dan, pada proses pemutakhiran data pemilih, masyarakat kurang proaktif, khususnya warga yang ada di pedalaman. "Petugas kami sudah berusaha maksimal, tapi masyarakat kurang proaktif. Jadi ini sudah usaha maksimal dari KPU," katanya.


Masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih, masih ada kesempatan dilakukan perbaikan daftar pemilih tetap hingga H-7 pemungutan suara. Untuk mempermudah proses pemutakhiran data pemilih, KPU menggunakan sistem online melalui SMS Gateway.


"Caranya bisa SMS ke nomor 089622266635, lalu ketik DP (spasi) Nomor Induk Kependudukan (NIK). Masyarakat yang sudah terdaftar maupun yang belum akan mendapat balasan. Bagi yang belum terdaftar, SMS itu akan langsung dimasukkan data Daftar Pemilih dan selanjutnya akan diproses supaya bisa segera mendapat surat undangan memilih di pemilukada Jatim 29 Agustus mendatang," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya