VIDEO: Masjid Sewulan, Situs Islam Tertua di Madiun

Shalat Tarawih Pertama
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Agung Rajasa
VIVAnews
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
- Masjid Agung Sewulan di Madiun, Jawa Timur, selalu menjadi daya tarik tersendiri di bulan Ramadan. Pengunjung dari berbagai daerah mendatangi masjid ini saat bulan Ramadan. Masjid yang dibangun pada tahun 1740 ini adalah masjid tertua di wilayah Madiun.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Sejak hari pertama puasa banyak warga yang datang untuk melakukan itikaf dan ziarah di makam Raden Mas Bagus Harun atau yang biasa dikenal dengan nama Kiai Ageng Basyariyah, sebagai pendiri masjid ini. Bahkan tidak sedikit warga yang menetap hingga berhari-hari saat puasa.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping


Dulunya, masjid ini merupakan pondok pesantren pusat pengambangan siar agama Islam. Dari masjid ini lahir pondok besar di karisidenan Madiun - Kediri hingga Mojokerto, termasuk pondok pesantren Tebu Ireng di Jombang.


Lihat video daya tarik Masjid Sewulan


Masjid kecil yang berdiri di atas tahan perdikan atau tanah pemberian raja yang bebas pajak juga digunakan sebagai pusat perlawanan santri dalam mengusir penjajah Belanda.


"Dulu sebagai pusat pengembangan agama Islam. Dulu ada pondok, pesantren dan tempat pendidikan. Karena menjadi situs bersejarah dan banyak dikunjungi masyarakat, masjid ini ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya oleh Badan Purbakala Mojokerto," kata Muhammad Mawardi, pengurus Masjid Agung Sewulan.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya