Sajian Manis Wajib Ada Saat Buka Puasa

Kolak Pisang
Sumber :
VIVAlife -
Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel
Metabolisme tubuh akan sangat melambat saat berpuasa. Ini alasan mengapa seseorang yang berpuasa disarankan menyantap makanan atau minuman yang manis.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

"Makanan manis mampu meningkatkan gula darah dengan sangat cepat. Kalau gula darah sudah naik, perlahan metabolisme pun meningkat. Ini artinya tubuh akan mendapatkan kembali energi yang sebelumnya hilang," ujar dr Tirta Prawita Sari, Msc, SpGK saat dihubungi
Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan
VIVAlife .


Anjuran tersebut membuat banyak pedagang menjual sajian berbuka puasa yang memiliki cita rasa manis. Ragamnya sangat banyak dan yang tak pernah absen menemani umat muslim berbuka puasa setiap bulan Ramadan. Apa saja hidangan tersebut?


Kolak pisang

Sajian yang satu ini selalu ada saat berbuka puasa. Telah bertahun-tahun lamanya kolak jadi sajian favorit umat muslim. Kolak atau kolek merupakan buah pisang yang direbus dengan santan kelapa lalu biasa dinikmati dengan lelehan gula jawa. Rasanya yang manis juga gurih membuatnya nikmat disantap hangat maupun dingin. Umumnya buah nangka juga digunakan sebagai bahan tambahan kolak pisang. Sering juga ditambahkan kolang-kaling dan durian.


Kolak biji salak

Walaupun disebut biji salak, sajian ini tidak benar-benar terdiri dari biji buah salak. Melainkan adonan yang terbuat dari tepung yang dikombinasikan dengan ubi jalar. Adonan tersebut kemudian dibentuk bulat-bulat menyerupai biji salak lalu direbus.


Kuahnya sendiri memang sama dengan kuah kolak pisang yaitu menggunakan santan kelapa dan gula jawa sehingga banyak yang menyebutnya kolak biji salak. Tekstur biji salak yang lembut dan kenyal serta rasanya yang gurih pas disandingkan dengan manisnya gula jawa. Sajian ini juga lazim dinikmati baik dingin maupun hangat.


Es timun suri

Termasuk dalam anggota kelompok labu-labuan atau cucurbitaceae. Timun suri paling sering digunakan untuk bahan membuat minuman dingin nan segar. Saat sudah mencapai setengah matang, daging buahnya dapat dipotong-potong atau dikerok menggunakan sendok atau alat khusus. Lalu, dicampurkan dengan air gula serta sirup buah-buahan. Tak hanya lezat, timun suri juga menyehatkan karena mengandung kalium yang cukup tinggi.


Es blewah

Hampir sama dengan es timun suri, es blewah juga biasa disajikan dengan sirup buah-buahan dan air gula. Blewah sendiri merupakan jenis buah-buahan yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Sebenarnya blewah sejenis dengan buah melon, namun bentuknya bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga terang dan bercak kehijauan. Tekstur daging buahnya lembut, mengandung banyak air dan segar. Sehingga sangat pas disantap untuk berbuka puasa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya