Kuota Habis, 1.000 Calon Haji Batal Berangkat Tahun Ini

Jemaah haji
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Agama telah mengumumkan nama-nama calon haji yang akan berangkat pada masa haji tahun ini, setelah melewati batas akhir pelunasan.

Dari verifikasi yang dilakukan, sebanyak 1.000 lebih calon haji yang terdiri dari 575 jamaah haji reguler dan 594 jamaah haji khusus, terpaksa harus menunda keberangkatan.

Seperti dikutip dalam laman setkab.go.id, Selasa 16 Juli 2013, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Anggito Abimanyu, menyatakan bahwa tidak ada sisa kuota nasional, baik untuk haji reguler maupun haji khusus.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 63 Tahun 2013 tentang Kriteria Keberangkatan Jamaah Haji dan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) nomor D/433 tahun 2013, ke-575 calon haji reguler itu bisa menunda keberangkatannya karena beberapa hal. Mereka sudah haji, terpisah keluarga inti (batih), yaitu anak dan orang tua maupun suami istri, serta alasan sakit dan batal.

"Ke-575 jamaah yang sudah lunas tersebut menjadi prioritas keberangkatan haji tahun 1435H/2014, dan posisinya yang diusulkan berangkat sesuai dengan urutan nomor," kata Anggito.

Hasil verifikasi terhadap jamaah haji khusus menunjukkan, terdapat 594 jemaah yang menunda keberangkatannya karena sudah haji, terpisah keluarga inti dan alasan kesehatan.

Ke-594 jamaah lunas tersebut, menurut Anggito, juga akan menjadi prioritas keberangkatan 1435H. Adapun sebagai pengganti ke-594 jamaah lunas itu diusulkan sepenuhnya oleh Penyelanggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Anggito menambahkan, proses penetapan jamaah haji yang berangkat maupun yang ditunda sepenuhnya dilakukan melalui sistem. "Demikian juga pengisian terhadap kekosongan porsi dilakukan dengan cara memasukkan nomor urut porsi berikutnya secara otomatis," dia menjelaskan.

Ia memastikan bahwa dengan penetapan calon jamaah haji berangkat, sudah tidak terdapat lagi sisa kuota nasional baik reguler maupun khusus.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

"Kementerian Agama mengimbau agar masyarakat/calon jemaah haji tidak mengajukan permohonan untuk pengisian sisa kuota nasional tahun 2013," tuturnya.

Masyarakat atau calon jamaah haji yang ingin mengetahui daftar nama jamaah yang berangkat dan yang ditunda keberangkatannya tahun 1434H, bisa dilihat melalui http://haji.kemenag.go.id/index.php/subMenu/614 dan melalui call centre haji 500425.

Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024