Jelang Pengumuman Calon Pilgub, Seribu Polisi Jaga KPU Jatim

Kantor KPU Jawa Timur dijaga ketat
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji
VIVAnews - Hingga malam ini, rapat pleno di KPU Jatim yang membahas verifikasi penetapan calon gubernur dan wakil gubernur, yang akan maju di Pilkada Jatim, 29 Agustus 2013, masih berlangsung. Rapat tertutup itu dilaksanakan di lantai dua gedung KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis, Surabaya.
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Dipanggil KPK di Kasus Korupsi Kemenkes

Guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebanyak seribu personel polisi dari Polrestabes dan Polda Jatim disiagakan.
KPU Targetkan Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Rampung Hari Ini

Seribu personel yang disiagakan diantaranya 3 SSK dari Brimob Polda Jatim, 2 SSK dari unsur Shabara dan  semua unsur gabungan jajaran Polrestabes.
Teuku Ryan Tak Bisa Janjikan Tak Poligami, Serahkan Semua Kepada Allah

"Sebanyak 500 personel kita siagakan on call," ujar Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Setija Junianta, yang ikut turun ke lokasi, Minggu, 14 Juli 2013.

Petang tadi, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung datang ke KPU memantau pelaksanaan pengamanan dan kesiagaan personel.

"Kami harapkan semua elemen yang ikut menyaksikan detik-detik verifikasi ini mematuhi aturan," kata Unggung.

Sementara, di luar gedung KPU, khususnya di ruas jalan dua arah Jalan Raya Tenggilis dua kelompok massa masih melakukan orasi. Di sebelah barat, ibu-ibu dari Muslimat NU menggelar sholawatan. Elemen wanita itu memanjatkan doa agar pasangan Khofifah Indar Parawansah-Herman Surjadi Sumawiredja lolos di seleksi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 29 Agustus 2013.

Sementara, konsentrasi massa di sebelah timur dari elemen Pemuda Pancasila, mereka juga menggelar orasi, melalui pengeras suara PP menyuarakan agar KPU Jatim tegas, berani memutuskan atau mencoret pasangan yang tidak memenuhi syarat.

Hingga malam ini, KPU Jatim masih melakukan rapat pleno tertutup. Sementara, massa dengan pembatas kawat berduri dipisahkan agar tidak berhadapan langsung. Serta penjagaan ketat, tidak semua orang boleh masuk ke areal gedung KPU. Kerumunan pekerja media juga harus sabar menunggu detik-detik penentuan dan pengumuman calon yang dinyatakan lolos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya