Pengunggah Video Teroris Terancam Pidana

Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Boy Rafli Amar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Minggu 14 Juli 2013, menyatakan bahwa polisi terus memburu penggunggah video teroris, Santoso, di situs internet Youtube.

Bila tertangkap, si pelaku dapat dijerat dengan undang-undang tentang tindak pidana terorisme.

"Bisa kena Undang-undang  ITE, UU Terorisme juga bisa. Karena melakukan upaya, ajakan, seruan, terhadap orang lain untuk melakukan aksi perlawanan dengan cara-cara kekerasan dan senjata api sebagaimana yang ditampilkan," ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta.

Tim Cyber Crime Polri, Boy menambahkan, masih menelusuri dan melakukan langkah-langkah penyelidikan. Tim ini memeriksa digital forensik dari video itu untuk mengetahui keaslian gambar.

"Lalu mencari siapa tokoh di gambar itu serta pengunggahnya. Pengunggahnya ini sangat penting karena dia pihak yang produksi," kata Boy.

Video itu, Boy melanjutkan, secara jelas sudah menimbulkan keresahan. Apa yang ditayangkan pun menurutnya merupakan pelanggaran hukum.

"Tentunya dengan menguasai senjata seperti yang dipertontonkan, termasuk kata-kata prvokasi, itu merupakan hal tidak dibenarkan," kata Boy.

Boy yang merupakan mantan Kapoltabes Padang itu memastikan bahwa video itu sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) demi pencegahan, agar dampak buruk akibat tayangannya tidak terjadi.

"Kami koordinasi dengan Kominfo yang bekerjasama dengan provider untuk blokir," kata Boy.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP
Ilustrasi kucing

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) is a term that refers to several conditions affecting your cat’s lower urinary tract, including the urethra (a thin tube that c

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024