SBY Minta Kapolri Pulihkan Situasi LP Tanjung Gusta

Napi LP Tanjung Gusta usai kerusuhan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo untuk segera memulihkan keamanan dan ketertiban di Lembaga Permasyarakatan Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, Jumat 12 Juli 2013.

Sebelum bertolak ke Nusa Tenggara Barat untuk melakukan kunjungan kerja, SBY telah meminta Kapolri terus melaporkan perkembangan pascakerusuhan di LP yang dihuni 2.559 narapidana itu, termasuk belasan napi teroris yang melakukan aksi perampokan di Bank CIMB Niaga Medan tahun 2010.

Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, mengatakan Kementerian Hukum dan HAM telah menelusuri penyebab kerusuhan di LP Tanjung Gusta semalam. “Ada beberapa LP melampaui kapasitas (termasuk Tanjung Gusta). Sedang dicarikan solusi yang tepat agar tidak kelebihan kapasitas,” kata dia.

Julian belum dapat memastikan apakah penyebab utama kerusuhan yang menyebabkan 200 napi kabur itu karena minimnya fasilitas listrik dan air di LP Tanjung Gusta, atau karena sebab lain. “Masih ditelusuri dan dicari tahu,” ujarnya.

Presiden SBY juga memerintahkan Kapolri dan jajarannya untuk mengejar ratusan napi teroris yang kabur. “Napi lari tentu tidak akan kami biarkan. Akan dikejar tanpa melihat kasus atau siapa mereka. Ini masih dalam tahap pencarian, diupayakan segara dapat dikembalikan ke Lapas,” kata Julian.

Polresta Medan terus memburu 200 narapidana yang kabur dari LPTanjung Gusta. Dari 200 napi yang diperkirakan kabur, 55 orang telah ditangkap lagi oleh petugas kepolisian. Satu napi tertangkap di wilayah Aceh. Ia dibekuk di bus menuju Bireun, dan untuk sementara ini ditahan di Mapolres Aceh Timur.

Perbatasan Sumut-Aceh termasuk yang dijaga ketat aparat. Kendaraan yang melintas diperiksa polisi. Sebanyak 55 napi yang berhasil ditangkap kembali kini dititipkan ke berbagai polres di Sumut seperti Polres Hamparan Perak, Helvetia, Binjai, Langkat, dan KPPP Belawan.

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Lihat juga:

Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024