Ribuan Warga Lakukan Ritual Padusan di Parangtritis

Warga Yogyajakarta menjalani tradisi padusan
Sumber :
VIVAnews
Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh
- Ribuan warga Yogyakarta dan sekitarnya memadati pantai Parangtritis untuk melakukan tradisi padusan atau menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa menjelang bulan puasa 1434 Hijriah. Ribuan warga mulai memadati pantai sejak siang ini hingga sore menjelang magrib.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

"Biar mantab menjalankan puasa karena badan sudah bersih dengan tradisi padusan," kata Agus, warga Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, DIY, Senin 8 Juli 2013.
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini


Bagi bapak dua anak itu, tradisi padusan sebagai persiapan akhir sebelum menjalani puasa. Sebelumnyaa, dirinya juga berziarah ke makam leluhur untuk kirim doa.


"Ziarah untuk membersihkan hati, padusan membersihkan jasmani agar kita siap lahir batin menjalani ibadah puasa," katanya lagi.


Tak hanya Parangteritis, beberapa kawasan lain seperti pantai Kuaru, Poncosari, Bantul, Pantai Depok juga dibanjiri pengunjung. Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis Taufik M Faqi mengatakan, ada 58 personel dikerahkan untuk pengamanan tradisi padusan di pantai hari ini.


"40 personil untuk Pantai Parangtritis dan 18 personil untuk Pantai Depok," katanya.


Petugas SAR juga memasang rambu-rambu daerah pantai yang terdapat palung agar tidak digunakan untuk mandi. "Kami juga menyiagakan petugas SAR di pinggir pantai," katanya.


Saat ini kondisi gelombang pantai selatan Bantul dalam kondisi pasang surut normal. Kondisi ini lebih baik dari pekan lalu, dimana tinggi gelombang mencapai 3 sampai 4 meter. Meski begitu, pengunjung tetap diminta untuk hati-hati demi keselamatan. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya