Hari Kelima Pasca Gempa Aceh, 36 Orang Tewas

Rumah roboh akibat gempa di Ketol, Aceh Tengah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
VIVAnews
Erick Thohir Lapor ke DPR Laba BUMN Tembus Rp 292 Triliun pada 2023
- Memasuki hari kelima pasca gempa 6,2 Skala Richter di Aceh, hingga hari, tercatat jumlah korban meninggal 36 orang. Dengan rincian 9 orang di Bener Meriah dan 27 orang di Aceh Tengah.

KPK Panggil Dua Hakim Agung di Kasus Korupsi Gazalba Saleh, Siapa Dia?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan 8 orang dinyatakan hilang di Aceh Tengah.
Ilmuwan Berikan Saran Manusia agar Makan Daging Ular Piton, Alasannya Mengejutkan


Kedelapan orang yang hilang itu diperkirakan terimbun longsor di Desa Serampah Kecamatan Ketol Aceh Tengah. Saat gempa terjadi longsor sepanjang 500 meter di tepi sungai dengan kedalaman sekitar 100 meter. "11 rumah dan 1 poliklinik hilang tertimbun longsor. Pencarian dan penyelamatan korban terus dilakukan," kata Sutopo dalam keterangan tertulis, Sabtu 6 Juli 2013.

 

Dia menjelaskan, di Bener Meriah, daerah terdampak meliputi 5 kecamatan dari 10 kecamatan. Ada 23 orang luka berat masih dirawat di rumah sakit, di mana 4 orang dirujuk ke RS Lhokseumawe dan 4 orang ke RS Banda Aceh. "Jumlah pengungsi 3.618 orang. Terdapat 533 rumah rusak berat, 252 rumah rusak ringan, dan 6 fasilitas umum rusak," ujarnya.

 

Di Aceh Tengah, daerah yang terdampak 12 kecamatan dari 14 kecamatan. Kerusakan di Aceh Tengah lebih berat dibandingkan di Bener Meriah. Ada 40 orang masih dirawat di rumah sakit, di mana 1 orang dirujuk ke RS Banda Aceh.


"Data sementara pengungsi 12.505 orang. 5.516 rumah rusak berat, 2.750 rumah rusak sedang, dan 5.596 rumah rusak ringan. Terdapat 557 fasilitas umum rusak seperti puskesmas, sekolah, masjid, mushola dan kantor pemda. Aliran listrik belum sepenuhnya pulih, baru 80".

 

Untuk penanganan darurat tersebut dikerahkan 802 personil TNI, 676 personil Polri, dan ratusan personil dari BNPB, BPBD, Basarnas, PMI, Tagana, RAPI, SKPD, relawan dan lainnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya