Pusat Gempa Mentawai 6,1 SR Sama dengan Tsunami 2010

Peta Intensitas Gempa Bumi
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id
VIVAnews
Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
- Tengah hari tadi, tepatnya pukul 12.05 WIB, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diguncang gempa dengan kekuatan 6,1 SR. Pusat gempa tersebut sama dengan gempa yang menyebabkan tsunami 2010 lalu.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pusat gempa di kedalaman 36 kilometer pada 3.42 Lintang Selatan dan 100.26 Bujur Timur. Berada 149 kilometer Tenggara Kepulauan Mentawai.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman


"Pusatnya sama dengan pusat gempa yang menyebabkan tsunami tahun 2010 lalu, yakni di segmen Pagai dan Enggano. Namun, yang sekarang tidak berpotensi tsunami," kata Ade Edwar, Koordinator Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Sumbar kepada
VIVAnews
, Sabtu 6 Juli 2013.


Menurut laporan yang diterima Ade, tidak ada korban akibat gempa tersebut. "Tidak ada kerusakan dan korban. Untuk gempa di laut, kekuatan 6,1 itu kecil. Tidak berbahaya," ujar dia.


Lebih lanjut, Ade menjelaskan gempa yang terjadi di Mentawai ini tidak ada pengaruh secara langsung dari gempa Aceh 2 Juli lalu. Namun, semua segmen di Batang Sumatera satu kesatuan. Gempa Aceh membuat 19 segmen patahan yang ada di Sumatera terkoneksi.


"Pengaruh langsung tidak, tapi patahan-patahan itu terkoneksi, buktinya gempa terjadi di daerah-daerah lain sejak Gempa Aceh terjadi," tambah Ade. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya