Mentawai Diguncang Gempa 6,1 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi/Pergerakan tanah
Sumber :
  • sciencemediacentre.co.nz

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa gempa terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Sabtu 6 Juli 2013. Kekuatan gempa dilaporkan mencapai 6,1 Skala Richter. Belum diketahui, apakah ada korban dalam kejadian tersebut.

Lokasi gempa berada di 3.41 Lintang Selatan - 100.26 Bujur Timur dengan kedalaman 36 KM atau 149 KM Tenggara Kepulauan Mentawai Sumatera Barat atau 164 KM barat daya Muko-Muko (Bengkulu) atau 184 KM barat daya Sungai Penuh (Jambi).

Informasi gempa dilaporkan sekitar pukul 12.05 WIB. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa berdasarkan peta guncangan gempa USGS, intensitas gempa di Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan yang berjarak 30 kilometer dari pusat gempa sebesar VI MMI dirasakan kuat.

Penduduk Desa Sinaka berjumlah 2.095 jiwa dan menyebar di Desa Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan, di mana berjarak 30 km barat laut dari pusat gempa yang memiliki intensitas V-VI MMI atau gempa yang dirasakan sedang hingga kuat.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Sebagian besar wilayah Kecamatan Pagai Selatan adalah hutan dan berbukit.

Posko BNPB mengonfirmasi bahwa dampak gempa ke beberapa daerah terdekat. "Di Sikakap Kepulauan Mentawai dan Pagai Utara dilaporkan gempa dirasakan lemah. Di Padang dan Pesisir Selatan, gempa dirasakan sangat lemah. Di Muko-Muko dan Bengkulu Utara, gempa dirasakan cukup keras selama 10-15 detik," kata Sutopo.

Saat kejadian, warga langsung keluar rumah tapi tidak menimbulkan kerusakan. BPBD Mentawai hingga saat ini masih melakukan pengecekan di Kecamatan Pagai Selatan dimana daerah tersebut salah satu dari Kepulauan Mentawai.

"Posko BNPB terus melakukan pemantauan dan akan dilaporkan jika ada perkembangan," kata dia. (asp)

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo
Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda berbicara kepada wartawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023.

PKB Sebut Suara Parpol AMIN Belum Cukup Loloskan Hak Angket, PDIP Ditunggu Sikapnya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB DPR RI, masih menunggu sikap resmi dari PDIP, untuk menggulirkan hak angket DPR, guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024