Pemprov Jatim Siapkan Pendidikan Terakreditasi untuk Pengungsi Syiah

Pengungsi Syiah Sampang Direlokasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dwi Agus Setiawan
VIVAnews -
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
Pengungsi Syiah asal Sampang, Madura, Jawa Timur, yang menempati rumah susun Kompleks Puspa Agro Jemundo, Sidoarjo, segera mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan standar nasional.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Pemerintah Provinsi Jatim tengah membangun sejumlah ruang kelas dan mendatangkan guru pengajar sesuai bidang studi yang dibutuhkan.
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!


"Mereka harus menerima pendidikan sesuai dengan standar pendidikan nasional dan terakreditasi," kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Jumat 5 Juli 2013.


Sukarwo menuturkan, murid yang dulu bersekolah di Sampang dapat menyesuaikan dan melanjutkan di ruang kelas yang didirikan. Sistemnya, murid ditempatkan sesuai jenjang kelas yang ditempuh di kampung halaman yang ditinggalkan.


"Dengan menerima pendidikan terakreditasi, mereka dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, karena sekolah tersebut sesuai dengan standar nasional," tuturnya.


Bagi murid yang di tempat sebelumnya menerima pendidikan sekolah khusus agama, bekerja sama dengan Kementerian Agama Jatim, murid di penampungan juga mendapatkan materi pendidikan yang sesuai.


Untuk mereka yang sebelumnya bersekolah umum juga mendapat pelajaran sesuai standar pendidikan nasional.


Soekarwo menjelaskan, dengan mendapatkan pendidikan terakreditasi dan berstandar nasional, mereka dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tanpa khawatir ditolak di sekolah lain.


Peristiwa kekerasan intoleransi beragama terus menimpa umat Syiah di Sampang. Tempat tinggal mereka dirusak dan dibakar oleh kelompok anti Syiah. Mereka kini terpaksa mengungsi di rumah susun Puspa Agro, Sidoarjo, Jawa Timur.


Meski sekilas tempat ini lebih baik dari GOR Sampang, tempat pengungsian mereka sebelumnya, para pengungsi terpaksa hidup jauh dari keluarga. Sebanyak 60 kepala keluarga (KK), atau sekitar 160 jiwa, sudah mengungsi ke rusun ini. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya