Penyaluran BLSM Kembali Salah Sasaran

Ratusan warga Depok antre BLSM
Sumber :
  • Zahrul Darmawan/VIVAnews
VIVAnews -
Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS
Penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kembali salah sasaran. Hampir 50 persen kepala keluarga di dusun Carikan, desa Mulyodadi, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang menerima BLSM dari kalangan mampu.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Akibatnya, warga miskin yang menerima BLSM memilih untuk membakar kartu undangan pengambilan Kartu Perlindungan Sosial (KPS). "Ini bentuk protes dan keprihatinan kita kepada pemerintah,"kata Wahono Ketua RT 03, Dusun Carikan, Desa Mulyodadi, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, DIY, Kamis 4 Juli 2013.
TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres


Sebagai Ketua RT, Wahono sebelumnya telah meminta persetujuan kepada seluruh warga penerima BLSM untuk membakar undangan. Tetapi, Wahono juga mempersilakan kepada warga untuk mengurus kembali kartu undangan kepada kelurahan jika ada warga yang ingin mengambil bantuan BLSM.


Wahono menjelaskan dari 48 KK yang ada di RTnya, 28 KK menerima BLSM. Hanya saja, dari 28 KK tersebut 50 persen diantaranya merupakan keluarga mampu yaitu seperti pengusaha batik, pensiunan PNS hingga juragan tanah.


“Anehnya, para buruh tani yang masih hidup dalam garis kemiskinan malah tidak mendapatkan bantuan,” keluhnya.


Salah satunya adalah Kenuning. Ibu tiga anak itu hanya bekerja sebagai buruh tani lepas. Dalam sehari, dia hanya mendapat upah Rp25-30 ribu per hari. Suaminya pun juga seorang buruh lepas. "Sedangkan dua anak saya saat ini masuk bangku SMP dan SMA," paparnya.


Meski demikian, ia tidak mengajukan protes ketidakadilan tersebut. Dia hanya berharap pemerintah selaku pemangku kebijakan seharusnya berpikir matang sebelum menggulirkan sebuah kebijakan.


Terpisah, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Mulyodadi, Sukamto mengatakan sejak beberapa hari ini memang ada sejumlah warga yang melakukan protes. Hanya saja, kemudian aksi protes itu dialihkan ke kantor pos.


“Semuanya ada di kantor pos. Pihak desa hanya kedapatan membagi,” katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya