Pengungsi Gempa Aceh Keluhkan Lambatnya Bantuan

Warga mengungsi setelah gempa di Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad
VIVAnews -
Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran
Hingga hari ini, Kamis 4 Juli 2013, warga korban gempa di Bener Meriah dan Aceh Tengah masih memilih menempati tenda-tenda darurat yang dibangun dengan peralatan seadanya. Warga mengeluh lambannya pendistribusian bantuan, terutama makanan.

Berantas Judi Online, Tanggung Jawab Siapa?

Rohani, salah seorang warga Desa Seloen, Kecamatan Kuta Panang, Kabupaten Aceh Tengah, mengaku belum mendapatkan bantuan baik berupa makanan maupun tenda pasca gempa. Mereka berinisiatif membangun sendiri tenda dari terpal bekas.
Rose Hanbury Akhirnya Buka Suara soal Isu Tuduhan Selingkuh dengan Pangeran William


"Mobil bantuan hilir mudik melewati desa kami, tapi mereka tidak membagikan bantuan kepada kami. Semua bantuan di bawa ke Desa Blang Mancung," katanya.


Karena tak juga mendapatkan bantuan, warga mencoba menghentikan satu unit mobil Dinas Sosial dari Bireuen. Mereka pun berhasil memperoleh tenda darurat. "Tenda kami sudah bocor, hujan dari kemarin," katanya.


Dia berharap pemerintah dapat segera mengirimkan bantuan baik berupa tenda, makanan, maupun obat-obatan.


Pantauan
VIVAnews
, sepanjang jalan dari Simpang Balek Bener Meriah menuju desa terparah yaitu Blang Mancung yang berjarak sekitar 18 kilometer, puluhan rumah yang roboh. Warga mendirikan tenda-tenda darurat dan tidur di luar bangunan rumah mereka yang roboh.


Untuk menghangatkan badan, di setiap tenda warga membakar api unggun. Listrik hingga kini juga masih padam di sebagian besar wilayah kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah ini.


Berdasarkan data dari Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal akibat gempa yang terjadi di Aceh Selasa 2 Juli 2013, saat ini mencapai 24 orang, 249 orang luka-luka.


Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPPA) memperkirakan 1.500 unit rumah mengalami kerusakan, terdiri dari rumah, masjid, meunasah, dan kantor pemerintah. Beberapa ruas jalan juga longsor. Hingga kini kerusakan bangunan masih didata. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya