Mendag: 70 Juta Ponsel di Indonesia Ilegal

Ponsel bekas
Sumber :
  • digitaljournal.com
VIVAnews -
Migrasi TikTok Shop dan Tokopedia Dinilai Bikin E-Commerce Makin Dinamis, Ini Penjelasannya
Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, Rabu 3 Juli 2013, menyatakan, dari 250 juta unit ponsel yang beredar di Indonesia, sekitar 70 juta unit ponsel diimpor secara ilegal.

Ojol Tertangkap Basah Bawa 10 Ribu Butir Ekstasi, Ngaku Disuruh Residivis di Thailand

Gita menjelaskan, data ini ia peroleh setelah rapat dengan tiga operator terbesar di tanah air, yaitu Indosat, Telkomsel dan XL Axiata. "Mereka sadari dan akui ada masalah penyelundupan. Mereka sendiri yang berikan data ponsel ilegal," katanya seusai rapat kerja dengan Komisi VI DPR-RI, Jakarta.
Polisi Benarkan Yudha Arfandi Lakukan Kekerasan ke Tamara, Sudah Dilaporkan?


Untuk mencegah penyelundupan ponsel ilegal, pemerintah melakukan berbagai langkah sederhana. Gita sudah menyuruh para operator ponsel untuk melakukan sosialisasi bahaya penggunaan ponsel ilegal.


Pemerintah berencana akan membuat peraturan tentang pemutusan jaringan ponsel baru bagi ponsel yang tidak memiliki nomor
International Mobile Equipment Identification
(IMEI) terdaftar. Ketiga operator ini menyanggupi dan berkomitmen untuk sosialisasi masalah ponsel ilegal.


Gita lalu menghimbau bagi setiap pengguna ponsel untuk melakukan pengecekan sendiri apakah ponsel yang digunakan ilegal atau resmi terdaftar di Indonesia. "Caranya tekan *#06#, nanti ketahuan nomor manufakturnya," kata ketua PBSI ini. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya