Penyebab Gempa Aceh Bukan dari Aktivitas Gunung Berapi

Gempa Aceh, Selasa 2 Juli 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syahrol Riza

VIVAnews - Gempa Aceh yang yang berpusat di Kabupaten Bener Meriah terjadi akibat pergeseran lempeng Sumatera, tepatnya di sesar Semangko. Gempa itu tidak ada hubungannya dengan aktivitas gunung berapi Burne Telong yang berada di dataran tinggi gayo itu.

Pakar Geologi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Faisal Ardiansyah, menyebutkan, gempa di Bener Meriah merupakan gempa tektonik dari segmen patahan Sumatera/Patahan Semangko. Gempa ini gempa darat yang bukan disebabkan oleh aktivitas gunung berapi Burne Telong yang ada di kawasan itu.

"Gempa ini sama seperti yang terjadi di Tangse, Kabupaten Pidie, beberapa bulan lalu,"kata Faisal Ardiansyah, dalam rilis yang diterima VIVAnews, Selasa 2 Juni 2013.

Menurut dia, ciri gempa tektonik cakupan getarannya luas, dan bersifat regional, karena yang bergerak adalah lapisan kulit bumi. Gempa darat memang tidak akan memicu tsunami, namun umumnya pusat gempa darat sangat dekat jaraknya dengan tempat aktivitas manusia.

"Apabila pusat gempanya dangkal, maka efek getaran sangat besar dan dapat menggoncang lapisan Bumi dengan kuat walaupun magnitute-nya kecil," ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau warga di dataran tinggi Gayo untuk tetap waspada dengan pergerakan tanah itu. Dia juga menyarankan warga untuk menjauh dari lereng gunung yang kapan saja dapat memicu longsoran.

"Perlu diwaspadai adanya longsoran atau gerakan tanah sepanjang wilayah tengah Aceh akibat terganggunya kestabilan lereng," ujarnya.

Warga kawasan Aceh bagian tengah hingga kini masih merasakan beberapa kali gempa susulan. Terakhir, gempa susulan terjadi dengan kekuatan 5,5 Skala Richter, pada pukul 20:55 WIB.

Warga juga panik dengan isu meningkatnya aktivitas gunung berapi Burne Telong yang ada di kawasan itu, yang disebutkan sebagai pemicu gempa. Isu sesat itu beredar cepat lewat pesan singkat dan berantai.

Sementara itu, Kepala BNPB, Syamsul Ma'arif telah memerintahkan tim reaksi cepat penanggulangan bencana untuk melakukan kaji cepat dampak kerusakan akibat gempa bumi 6,2 SR di Aceh. Malam ini pukul 21:00 WIB dengan menggunakan pesawat khusus Susi Air, tim berangkat ke Aceh.

BPBD Bener Meriah bersama TNI, Polri, Satpol PP, dan PMI masih mencari korban yang hilang serta upaya penyelamatan. Posko tanggap darurat telah didirikan. PMI dan Dinas Kesehatan telah melakukan layanan pengobatan.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Kebutuhan mendesak adalah alat berat, sembako, pakaian, peralatan dapur, dan makanan. Masyarakat belum kembali ke rumah, karena rumahnya roboh, rusak dan ketakutan akan gempa susulan. (art)

Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024