Latihan Perang TNI, Peluru Nyasar ke Pemukiman Warga

Pengamanan VVIP
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru
VIVAnews -
Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Warga Dusun Gading IV, Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, digemparkan dengan banyaknya peluru berjatuhan di kampung mereka. Peluru tersebut diduga kuat berasal dari latihan TNI-AU pada Senin 1 Juli 2013 sekitar pukul 09.30 WIB.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Saat kejadian tersebut warga sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Warga lalu mendengar beberapa kali suara tembakan dari arah barat dan dalam waktu sekejap peluru bertebaran di atas rumah warga. Bahkan ada meteran listrik milik warga hancur terkena peluru nyasar.
Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah


“Terdengar bunyi tembakan dan tiba-tiba terjadi beberapa kali ledakan,” kata Dartono, warga setempat. Sesaat mendengar suara ledakan, warga berhamburan menyelamatkan diri. "Kami menyelamatkan diri daripada terkena tembakan,"ucapnya.


Danoto mengatakan, sesaat setelah terdengar tembakan dan ledakan muncul tentara dan polisi mendatangi lokasi dan melakukan pencarian proyektil peluru dibantu oleh warga setempat. Akibat kejadian tersebut beberapa rumah mengalami kerusakan rata-rata pada bagian atap.


"Saya menemukan dua (proyektil) peluru, dan polisi menemukan tiga butir," jelasnya


Kapolsek Playen, AKP Lutfi yang datang ke lokasi mengatakan wanita angkatan udara (Wara) TNI-AU sedang melakukan latihan di wilayah Kemuning, Patuk. Menurutnya, TNI AU sudah melakukan gladi bersih sehari sebelumnya dan dinyatakan aman.


Lutfi menyatakan kerusakan rumah akibat proyektil peluru yang menyasar pemukiman warga sebanyak 16 rumah. Hingga kini petugas TNI Angkatan Udara dan polisi masih mencari proyektil di lokasi. "Saat ini sedang didata oleh petugas," katanya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya