Ulang Tahun OPM, Bintang Kejora Berkibar di Papua

Kelompok bersenjata di Papua
Sumber :
  • Banjir Ambarita/Papua
VIVAnews
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
- Bintang kejora, bendera Organisasi Papua Merdara (OPM) berkibar di Papua tepat hari ulang tahun organisasi itu, Senin 1 Juli 2013. Bendera itu berkibar di di Kampung Wandigobak Distrik Mulia atau 3 km di dekat Markas Polres Puncak Jaya tepat.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Pengibaran bendera ini bertentangan dengan pernyataan Koordinator Umum Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka yang menyatakan bahwa tidak akan ada pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan Papua.
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension


Juru bicara Polda Papua Komisaris Besar I Gede Sumerta Jaya mengatakan, berdasarkan laporan, pengibaran bendera terjadi saat polisi sedang menyiapkan upacara HUT Bhayangkara ke 67. "Ini disertai bunyi rentetan senjata api lebih dari lima kali," katanya.


Gede mengatakan, kepolisian belum menerima laporan resmi terkait kejadian di Puncak Jaya ini. "Situasi Papua secara keseluruhan kondusif," katanya.


Dari data yang berhasil dihimpun, Bintang Kejora berkibar sekitar pukul 08.55 dengan kondisi cuaca berkabut, sehingga tidak diketahui arah datangnya tembakan dan tidak memungkinkan dilakukan pengejaran terhadap pelaku. Diduga kelompok yang mengganggu keamanan itu berasal dari Enggaranggo Wonda dan Purom Wenda. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya