HUT OPM, Polda Papua Tak Tingkatkan Kewaspadaan

Pasukan Organisasi Papua Merdeka dengan bendera mereka/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Banjir Ambarita

VIVAnews - Kepolisian Daerah Papua tidak memberlakukan status siaga 1 pada peringatan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka hari ini, 1 Juli 2013. Kepolisian hanya berkonsentrasi merayakan HUT Polri yang ke-67, yang juga jatuh pada 1 Juli.

"Kami hanya melakukan peningkatan kewaspadaan dalam rangka merayakan HUT Polri yang ke-67," ujar Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Namun, ada wilayah-wilayah yang diwaspadai, seperti Kabupatan Puncak Jaya, Lanny Jaya, Jayawijaya, Tolikara, Paniai, Keerom, dan Serui. "Biak serta Kabupaten Jayapura juga mendapat perhatian," katanya.

Meski demikian, kata Kapolda, pihaknya sudah menginstruksikan ke seluruh anggota untuk melakukan pendekatan serta mengimbau kepada masyarakat, termasuk kelompok bersenjata, agar tidak melakukan tindakan maupun gerakan yang melanggar hukum.

"Karena mereka saudara-saudara kita juga, dan tentunya tidak menginginkan adanya kontak. Kita harus saling bergandengan tangan membangun Papua," tuturnya.

Terkait soal penyerangan kelompok bersenjata di Distrik Illu, Kabupaten Puncak Jaya yang disebut sebagai peringatan OPM menjelang ulang tahun, Kapolda belum bisa memastikan sebelum menangkap kelompok tersebut.

"Pengakuan orang yang di media belum tentu benar, sehingga memang seharusnya mereka ditangkap dulu untuk mengetahui secara pasti," katanya.

Apakah ada penambahan anggota Polri di Kabupaten Puncak Jaya usai aksi penembakan di Illu, kapolda mengatakan tidak ada.

"Kami sudah tahu kelompok pelaku penyerangan. Masalahnya mereka ada di lokasi yang medannya cukup sulit, sehingga kami membangun langkah dengan mencoba berdialog bersama mereka guna mengetahui alasan melakukan penembakan," jelasnya.

12 Fakta yang Diklaim Tak Terbantahkan Dibeberkan Kubu Ganjar-Mahfud pada Sidang PHPU

Namun, bila langkah dialog tidak mendapat apresiasi dari kelompok tersebut, maka Polri akan melakukan langkah penegakan hukum. (art)

Ilustrasi Gelombang Tinggi

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

BMKG mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan badai atau hujan yang dapat disertai petir atau kilat di sejumlah titik di 27 provinsi di Indonesia pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024