NASIONAL

SETARA Institute: Sikap Munarman Cermin Ormas FPI

Saat dialog di acara tvOne, Munarman siram muka Tamrin dengan air teh.

ddd
Jum'at, 28 Juni 2013, 16:45
Jubir FPI Munarman menyiram sosiolog Tamrin Tamagola
Jubir FPI Munarman menyiram sosiolog Tamrin Tamagola (tvOne)
VIVAnews - Berbagai kalangan menyayangkan tindakan juru bicara Front Pembela Islam, Munarman yang menyiram air ke wajah sosiolog UI, Tamrin Amal Tomagola saat acara dialog di acara tvOne, Jumat pagi 28 Juni 2013.

Menurut Ketua Badan Pengurus SETARA Institute Hendardi, dalam keterangan pers, di alam demokrasi, debat sepanas apapun seharusnya berlangsung dengan kepala dingin dan tetap mengedepankan kesopanan terhadap orang yang berbeda pendapat.

Menurut dia, tindakan Munarman mencerminkan sikap sesungguhnya dari ormas FPI dan kelompok vigilante (orang yang menegakkan hukum dengan caranya sendiri) lainnya yang ingin memaksakan kehendak di alam demokrasi.

"Tindakan Munarman tidak lain mencerminkan sikap sesungguhnya dari FPI dan kelompok vigilante. Respon Prof. Tamrin yang tidak meladeni ulah Munarman dan menganggap itu perbuatan preman sudah tepat. Ini adalah kejadian memalukan dan disaksikan oleh jutaan pemirsa yang sedang menonton Tv One," kata Hendardi.

Selain itu, kata Hendardi, sebaiknya media juga mempertimbangkan apabila hendak memberikan kesempatan tampil kepada orang dan kelompok vigilante semacam FPI. "Kami mendukung sepenuhnya apabila Prof. Tamrin bermaksud memperkarakan secara hukum," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh anggota Komisi III Bidang Hukum DPR, Eva Kusuma Sundari. Dia mengatakan, Munarman telah memberikan pendidikan politik yang buruk. Dia tak bisa mengendalikan amarahnya sehingga memilih ekspresi fisik, daripada beradu argumen.

"Soal sela-menyela itu biasa dalam debat dan sering dibolehkan bahkan oleh presenter sebagai pengendali arus diskusi. Jadi harusnya pembicara tetap memegang aturan otoritas presenter," ujar Eva.

Selain itu, kata Eva, sudah sepatutnya media mempertimbangkan untuk lebih selektif dalam memilih narasumber. "Pertimbangan kualitas kepribadian narasumber harus jadi pertimbangan. TV bukan corong kampanye pro kekerasan," kata dia.

Insiden penyiraman itu terjadi ketika Munarman dan Tamrin tengah berdiskusi mengenai pernyataan polisi yang mengatakan akan memberi sanksi ormas yang melakukan sweeping tempat hiburan malam selama Ramadan. Saat Munarman berbicara, Tamrin menyela dan Munarman langsung naik pitam.

"Anda diam. Anda diam kalau saya ngomong," teriak Munarman ke sosiolog itu. Tak disangka, Munarman langsung mengambil gelas berisi teh di depannya dan menyiramkannya ke muka Tamrin. Kedua presenter tvOne yang mengawal acara pun kaget dan segera menghentikan acara. [Lihat videonya di sini] (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
rendrainz
30/06/2013
Dalam dialog TV One, wajar saja H.Munarman,SH menyiram tamrin pake air karena dia selalu memotong-motong pembicaraan dan terus mengalihkan pokok pembicaraan tanpa etika dialog. Lalu dengan kurang ajar dia menuding-nuding dengan tangan kiri ke muka H.Muna
Balas   • Laporkan
laifar | 03/07/2013 | Laporkan
@balonbalon: setuju agan. wajarlah sesama FPI membela..
balonbalon | 01/07/2013 | Laporkan
Wajar???? Hahaha komen terg*blok2 yang pernah gw baca. Tidak ada pembenaran terhadap kelakuan yg seperti itu, apalagi tu org sok mengatas namakan Islam. Satu2nya yang saya rasa "wajar", karena Munarman org FPI, org FPI memang seperti itu.. ya wajar..
gatotsuroto
29/06/2013
oh dik munarman, bgmana kalo anda ganti kelamin aja, orang tua pun disiram. dasar preman kelas teri.
Balas   • Laporkan
Robinhood
28/06/2013
Yg di siram pasti malu sekali, yg menyiram pasti gak merasa bersalah dan malah bangga sekali, bisa membuat sejarah,....suatu saat, tidak tahu yg mana, siapa, pasti dan yakin, hukum karma pasti membalas nya.....doa ku unt mu bpk M, semoga hukum karma terj
Balas   • Laporkan
araandara
28/06/2013
Emg tau siapa Thamrin Tomagola?? Profesor yg rekam jejak nya jelas2 merendahkan martabat manusia kok dijadiin narasumber. Yg liat debat dr awal, pasti tau IQ debat ini tamrin jongkok. Pantas lah disiram aer.. Coba cek google (Keyword:Tamrin,Dayak)
Balas   • Laporkan
penonton1 | 29/06/2013 | Laporkan
coba google jg munarman, cukup terkenal juga koQ, sampah masyarakat
hatakek61
28/06/2013
FPI adalah segerombolan orang2 yang hanya bisa menggunakan otot dan cuap2 saja.......kagak pernah menggunakan logika dan intelektualismenya untuk bertindak, terbukti dengan acting munarman di tvone
Balas   • Laporkan
jarwoz | 28/06/2013 | Laporkan
bukan pembela agama bro tp,"FRONT PEMBELA ITIL" wkwkwkwkwk...
penyok
28/06/2013
sukurinnn... ngaku profesor tapi gak ngerti tata krama hak orang bicara, memotong sambil membentak.. emang enak prof..?, harga diri langsung rendah tuh.. kasian, udah pas bgt disiram
Balas   • Laporkan
laifar | 01/07/2013 | Laporkan
dia mana ngerti debat, penyok otaknya...
azaleanor | 28/06/2013 | Laporkan
itu debat nyok...
agung73
28/06/2013
sy orang islam,gak merasa dibela oleh front pembela islam(FPI) justru sy sebagai org islam merasa sangat dipermalukan oleh kelakuan orang2 FPI tsb,terutama soal kasus penyiraman tsb...
Balas   • Laporkan
joquano
28/06/2013
Menanti Eka Gustiwana membuat speech composing Munarman vs Tamrin.. wkwk..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru