Ketua Pansus: Munarman Jadi Bukti Perlunya RUU Ormas

Munarman siram Tamrin Tomagola
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews -
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Organisasi Kemasyarakatan, Abdul Malik Maramain mengatakan, tindakan juru bicara Front Pembela Islam, Munarman menjadi contoh perlunya RUU Ormas.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Menurut Malik, Jumat 28 Juni 2013, salah satu yang memang diatur dalam RUU ini adalah ormas yang melakukan tindakan di luar kewenangannya. Misalnya, melakukan brutalisme, tindakan kekerasan, melakukan main hakim sendiri, melakukan teror dan mengancam kebebasan orang lain.
Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim


"Fenomena Munarman sudah masuk wilayah teror terhadap kebebasan Pak Tamrin sebagai warga negara. Tak hanya teror, itu suatu bentuk arogansi," kata Malik.


Perdebatan sekeras apapun, kata Malik, seharusnya tak boleh main fisik. Atas tindakan seperti yang dilakukan Munarman, dia meminta polisi harus bertindak.


Untuk itu, kata Malik, salah satu urgensi RUU Ormas sejak awal adalah membatasi kebebasan yang berlebihan.


"Kebebasan itu tidak mungkin tanpa regulasi. Di mana-mana kebebasan kalau tidak diatur akan mengancam kebebasan orang lain. RUU Ormas mencoba berdiri di tengah itu. Di satu sisi, mencegah agar tidak anarki, di sisi lain melindungi hak seseorang," tutur dia.


Peristiwa Munarman, kata Malik, adalah kebebasan yang sudah seharusnya diatur dalam undang-undang, tidak cukup hanya peraturan pemerintah. "Tapi juga jangan sampai UU itu mengebiri kebebasan orang," kata Malik.


Insiden penyiraman itu terjadi ketika Munarman dan Tamrin tengah berdiskusi mengenai pernyataan polisi yang mengatakan akan memberi sanksi ormas yang melakukan
sweeping
tempat hiburan malam selama Ramadan. Saat Munarman berbicara, Tamrin menyela dan Munarman langsung naik pitam.


"Anda diam. Anda diam kalau saya
ngomong
," teriak Munarman ke sosiolog itu. Tak disangka, Munarman langsung mengambil gelas berisi teh di depannya dan menyiramkannya ke muka Tamrin. Kedua presenter
tvOne
yang mengawal acara pun kaget dan segera menghentikan acara. [Lihat videonya ] (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya