Lobi Raja Arab, Menag Pesimis Dapat Dispensasi Pemotongan Kuota Haji

Jemaah Haji Tiba di Tanah Air
Sumber :
  • Antara/M Risyal Hidayat
VIVAnews
Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt
- Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku pesimis, pemerintah kerajaan Arab Saudi akan merespon surat Presiden SBY terkait penangguhan pembatasan kuota haji bagi jamaah Indonesia.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Surat tersebut dibawanya langsung olehnya untuk diserahkan kerajaan Arab Saudi. "Saya sudah bertemu langsung dengan kementrian urusan haji Arab Saudi dan mempertanyakan langsung terkait pengurangan kuota haji tersebut," kata Suryadharma sesaat setelah mendarat di terminal VIP Bandara Soetta, Tangerang, Kamis 27 Juni 2013.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa


Menurutnya pembatasan kuota jemaah haji ini berkaitan dengan pembangunan Masjidil Haram. Namun dengan pembangunan itu, pemerintah kerajaan Arab Saudi telah membuatkan jalur khusus bagi jamaah yang menggunakan kursi roda.


Dari hasil pembicaraan dan pengecekan ke lokasi Masjidil Haram, kata dia, terlihat pembangunan memang tengah berlangsung. Di mana di salah satu masjid mulai dari lantai dasar, dua, serta tiga tengah dibongkar. Sehingga tidak bisa digunakan untuk beribadah. 

 

Jika dalam keadaan normal, Masjidil Haram mampu digunakan untuk 48 ribu orang untuk bertawaf. Namun dengan kondisi saat ini, hanya bisa digunakan 22 ribu jamaah.


"Melihat kondisi seperti ini rasanya sangat tidak mungkin jika kita akan mendapatkan dispensasi dari terkait pemotongan 20 persen itu," kata dia dengan nada pesimis.


Ia menambahkan, pemerintah juga meralat terkait jamaah haji yang berkursi roda, di mana pada musim haji tahun ini mereka akan tetap diberangkatkan karena Arab Saudi membangun jalur khusus untuk mereka.


"Untuk jamaah yang pernah berhaji dan lansia tetap untuk ditahan keberangkatannya, sampai keadaan normal kembali," ujarnya.


Informasi yang diperoleh Kementrian Agama, proses pembangunan Masjidil Haram akan berlangsung hingga 2016 mendatang. Tentu ini akan berdampak pada antrean jamaah haji Indonesia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya