VIDEO: Rekaman Amatir Penembakan TNI dan Sipil di Papua

Kelompok bersenjata di Papua
Sumber :
  • Banjir Ambarita/Papua

VIVAnews - Aksi penghadangan kembali terjadi di Distrik Ilu, Puncak Jaya, Papua, Selasa 25 Juni 2013. Patroli keamanan dari Kesatuan 753 dihadang kelompok sipil bersenjata di kawasan jembatan beton Ilu.

Pada saat dihadang dan diberondong tembakan kelompok bersenjata, Letda I Wayan Sukarta bersama dua orang anggotanya, Prada Andi dan Prada Supiyoko, serta dua warga sipil hendak kembali ke pos.

Akibatnya Letda I Wayan Sukarta meninggal di tempat, sementara Tono, sopir kendaraan yang ditumpangi mereka meninggal akibat dipanah dan mendapat luka bacokan. Sedangkan, Prada Andi dan Prada Supiyoko selamat setelah melakukan perlawanan dan meminta pertolongan.

Kendaraan mereka hangus dibakar kelompok bersenjata yang hingga kini belum diketahui identitasnya. .

Pihak Kodam XVII Cendrawasih, membantah anggota TNI yang tertembak dan meninggal akibat penghadangan tersebut adalah anggota Kopassus.

"Selaku Kapendam, saya belum dapat data lengkap mengenai peristiwa itu, namunĀ  perlu ditegaskan bahwa di Illu tidak ada Kopassus. Yang ada di pos TNI Ilu adalah anggota Yonif 753 Nabire yang di dalamnya ada beberapa mantan anggota Kopassus yang sudah dimutasikan ke Yonif tersebut," kata Juru Bicara Kodam XVII Letkol Inf Jansen Simanjuntak.

Jansen menjelaskan, dari informasi yang diperoleh dari Dandim Puncak Jaya, memang telah terjadi kontak senjata antara kelompok bersenjata yang melakukan penghadangan, dengan anggota TNI.

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

"Sempat terjadi adu kontak, saat rombongan Danpos I Wayan dihadang. Tapi mengenai korban tewas belum saya peroleh secara detail." (umi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Presiden Joko Widodo, turut menyampaikan ucapa selamat Jumat Agung kepada umat Kristiani, yang jatuh pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024. Pengorbanan Yesus bisa diresapi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024