Salurkan BLSM, Kantor Pos Jakarta Pusat Dikerumuni Massa

Pencairan Dana BLSM di Kantor Pos
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan
- Proses penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dimulai hari ini melalui PT Pos Indonesia. Di kantor Pos di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pemberian dana kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak bagi warga miskin itu berlangsung sejak pukul 07.30 WIB.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Untuk proses pencairan, penerima BLSM hanya menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan kartu identitas untuk verifikasi identitas. Setelah itu, penerima BLSM akan diberikan secarik kode barcode untuk dicairkan dengan uang Rp300 ribu per kepala keluarga.
Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI


Pengamatan
VIVAnews
, proses antrean memang awalnya berjalan tertib karena jadwal pencairan BLSM dilakukan per kelurahan yang sudah ditetapkan. Namun, antrean menjadi tidak tertib lantaran beberapa penerima di luar jadwal datang dan minta dilayani. Bahkan beberapa terpaksa berdiri dan kerumunan makin banyak.


Karena mulai tidak tertib, petugas kantor pos pun memberikan arahan kepada para penerima BLSM. "Antrean dilakukan berdasarkan panggilan kelurahan, bukan berdasarkan kedatangan penerima BLSM. Duduk dulu nunggu panggilan, tolong mudah diatur ya. Yang berdiri duduk dulu," kata Joko Santoso, petugas kantor pos melalui pengeras suara.


"Padahal semalam semua lurah sudah dikumpulkan untuk sosialisasi jadwal," ujarnya kepada
VIVAnews
.


Siang ini, terpantau beberapa penerima BLSM dari kelurahan yang belum dijadwalkan sudah berdatangan. Mereka mengaku tidak mengetahui jadwal pencairan yang telah ditetapkan.


"Saya langsung ke sini, karena tahu dari televisi," ujar Marisah, penerima dari Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir. Dia terpaksa pulang lagi karena waktu panggilan untuk daerah belum dimulai.


Kantor Pos Jakarta Pusat untuk sementara hanya melayani Kecamatan Sawah Besar meliputi Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kartini, Pasar Baru, Karang Anyar, Mangga Dua Selatan.


Jumlah total penerima BLSM kecamatan Sawah Besar 2.438 rumah tangga sederhana dengan rincian Kelurahan Gunung Sahari Utara (275), Kärtini (786), Pasar Baru (257), Karang Änyar (484) dan Mangga Dua Selatan (636).


(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya