Jelang BBM Naik, Mahasiswa Adu Jotos dengan Polisi

Mahasiswa UBK Diamankan Pihak Kepolisian
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Demonstrasi menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masih terus berlangsung, Jumat 21 Juni 2013. Pemerintah sendiri akan mengumumkannya pada pukul 22.00 WIB nanti, Jumat 21 Juni 2013, di kantor Menteri Koordinator Perekonomian.

Aksi unjuk rasa menolak BBM naik di Surabaya terjadi di depan Gedung Negara Grahadi. Demonstrasi oleh mahasiwa Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini berujung adu jotos dengan aparat polisi.

Kisruh berawal usai massa PMII menggelar tahlil di tengah jalan. Mereka menyeberang dan mendekat ke Grahadi. Massa merapat ke kawat berduri yang melintang untuk pembatas. “Tolak rencana kenaikan harga BBM. Tolak! tolak!” teriak massa.

Aparat kepolisian yang dikomando langsung oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Polisi Setija Junianta menghadang langkah demonstran. Demonstran yang berhadapan dengan polisi kemudian terlibat saling dorong. Sesaat kemudian, koordinator aksi memerintahkan massa untuk maju satu langkah.

“Dengar teman-teman, satu komando. Maju satu langkah!” teriaknya. Sesaat kemudian, massa dan polisi saling pukul. Aksi itu sempat menghentikan arus lalu lintas di Jalan Gubernur Suryo. Sekitar 15 menit, kericuhan terjadi dan polisi kemudian mengamankan beberapa massa demonstran, termasuk seorang yang berkostum pocong

Jika sesuai dengan rencana awal, pemerintah akan menaikkan harga BBM jenis Premium dari Rp4.500 per liter menjadi Rp6.500 per liter. Sementara harga solar naik dari Rp4.500 per liter menjadi Rp5.500 per liter. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menginstruksikan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia Jero Wacik untuk mengumumkan kenaikan BBM itu.

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Fashion Photoshoot Project Volume 5

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Event yang diselenggarakan oleh Fashion Crafty Jakarta menampilkan pertemuan yang menginspirasi antara desainer mode, fotografer, makeup artist, dan fashion stylist.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024