Dana Bantuan Masyarakat Bisa Diambil di Kantor Pos

Anak-anak penghuni lingkungan kumuh di kota.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Kisah Heroik Anggota TNI Keturunan Tionghoa Tak Bocorkan Rahasia Negara Meski Disiksa Musuh
- Kementerian Sosial bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) kepada masyarakat miskin. Kartu itu, digunakan untuk menebus Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak yang akan diumumkan malam ini, Jumat 21 Juni 2013.

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmanzah Jumat ini mengatakan, bagi masyarakat yang sudah menerima KPS, bisa langsung ditukarkan dengan BLSM ke kantor pos terdekat.
Iran Serang Israel, WNI Diimbau Jangan Lakukan Perjalanan ke 2 Negara Itu


"PT Pos sudah menyiapkan 16 ribu juru bayar di kantor pos seluruh Indonesia. Besok yang terima KPS bisa datang ke kantor pos untuk mendapatkan BLSM," kata Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmanzah di Gedung DPR, Jumat 21 Juni 2013.


BLSM yang akan diterima masyarakat miskin Rp150 ribu per bulan selama empat bulan ke depan. Namun, menurut Firman, BLSM itu tak hanya berupa uang tunai, tetapi juga dalam bentuk beras miskin, beasiswa miskin, dan pembangunan infrastruktur desa di daerah yang membutuhkan. "Kan BLSM tidak
single policy
," kata dia.


Untuk memastikan BLSM ini diterima oleh rakyat yang berhak, kata Firman, pemerintah menggunakan data milik Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang berada langsung di bawah wakil presiden. Tak hanya itu, data itu juga dibandingkan oleh data yang dimiliki oleh Badan Penjamin Sosial dan Kementerian Sosial. "Itu diupdate terus," katanya.


Sementara, bagi masyarakat yang tidak memiliki rumah atau yang tinggal di kolong jembatan, bisa mendaftarkan diri melalui RT dan RW setempat. "Bisa diupdate," kata dia.


Firman menjamin penyaluran KPS itu tepat waktu sebelum akhir bulan ini. "Presiden sudah menginstruksikan kepada PT Pos bekerja 24 jam untuk menjamin KPS sampai ke masyarakat," ujar dia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya