NASIONAL

Kebakaran Lahan di Riau Makan Korban Jiwa

Korban terkepung api saat sibuk menyelamatkan buah sawit yang dipanen.
Kamis, 20 Juni 2013
Oleh : Eko Priliawito
Kebakaran hutan

VIVAnews - Kebakaran hutan di Provinsi Riau memakan korban jiwa. Seorang ibu rumah tangga bernama Laniem (45) meninggal karena luka bakar. Korban bersama suaminya, Dulsani Purba (50), terjebak api saat bekerja di ladang, Rabu, 19 Juni 2013 kemarin.

Mereka adalah pasangan suami istri yang bekerja sebagai petani kelapa sawit di Desa Rantau Bais, Kabupaten Rokan Ilir, Riau. Saat itu kedua pekerja terjebak kebakaran lahan gambut. Mereka tidak menduga sudah terkepung api saat sibuk menyelamatkan buah sawit yang sudah dipanen satu hari sebelumnya.

"Mereka bekerja sejak pagi dan tidak sadar sudah dikelilingi api," kata Marwan, anggota keluarga korban di Rumah Sakit Awal Bros, Pekanbaru, Kamis, 20 Juni 2013.

Lanjut Marwan, Laniem sempat dibawa ke Klinik Hayati, tapi nyawanya tidak dapat tertolon. Kondisi sudah lemah dan luka bakar yang dialaminya cukup parah.

Pagi tadi jenazah Laniem langsung dimakamkan pihak keluarga. Sementara Dulsani dilarikan ke rumah sakti dan menjalani tindakan perawatan di ICU RS Awal Bros.

"Korban tiba pukul 04.00 WIB, sore tadi sudah dipindahkan ke ruang perawatan. Luka bakarnya cukup parah," kata Muji, pegawai rumah sakit di IGD RS Awal Bros.

Terus Meluas

Kebakaran hutan yang melanda Riau terus meluas. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG) Riau mencatat ada 148 titik panas yang tersebar di Riau.

Pemerintah Indonesia melakukan langkah-langkah antisipasi karena bencana asap ini. BNPB menyiapkan dana Rp25 miliar untuk melakukan hujan buatan dan pemadaman melalui udara. Lokasi kebakaran umumnya daerah bergambut yang menyebabkan sulit dipadamkan. Apalagi akses ke lokasi juga sulit dijangkau sehingga pemadaman di darat tidak mudah.

Berdasarkan data satelit NOAA18 di Kementerian Kehutanan, jumlah titik panas di Riau 148 titik, Jambi 26 titik, Kalbar 22 titik, Sumsel 6 titik, dan Sumbar 5 titik. Hotspot juga terjadi di negara lain seperti Malaysia sebanyak 8 titik, Thailand, Lao PDR, Vietnam, Cambodia 29 titik, dan Myanmar 17 titik.

Jumlah tersebut belum dikategorikan besar jika dibandingkan puncak kemarau yang seringkali mencapai ribuan titik. Saat ini, jumlah luasan lahan gambut yang terbakar di Riau mencapai 850 hekatare. Luas yang sudah dipadamkan 650 hektare. Pemadaman hingga kini masih dilakukan. (ren)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found