PKS Minta KPK Dalami Keterlibatan Hatta Rajasa di Impor Daging

Hatta Rajasa Sambangi KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua DPP PKS Aboebakar Al-Habsyi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi mendalami keterlibatan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dalam dugaan suap impor daging di Kementerian Pertanian. Nama Hatta, disampaikan Juard Effendi, terdakwa penyuap Luthfi Hasan Ishaaq, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Direktur PT Indoguna Utama Senin 19 Juni 2013, mengatakan Elda Devianne Adiningrat menjual nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa untuk meyakinkan Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman guna mengajukan penambahan kuota impor daging sapi ke Kementerian Pertanian.
 
Menurut Aboebakar, Kamis 20 Juni 2013, Maria sebagai seorang pengusaha senior tentu tidak sembarangan mempercayai Elda ketika mencatut nama seorang menko. "Karena menurut rumor yang berkembang mereka memang ada kedekatan, oleh karenanya keterangan tersebut layak untuk didalami," kata Aboebakar.

Di sisi lain, kata dia, ada yang aneh dari kasus ini. Nama Elda Devianne Adiningrat kerap disebut beberapa saksi.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Pada keterangan saksi lainnya, menurut Aboebakar, Elda digambarkan sangat aktif untuk melakukan lobi ke berbagai pihak untuk kuota impor daging sapi. "Ada yang menyebut terdapat 27 rekaman pembicaraan Elda ke Ahmad Fathanah." Ahmad Fathanah adalah orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

Untuk itu, dia kembali menekankan pentingnya KPK memperjelas kasus yang sudah menyeret mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq itu. "Supaya semuanya clear tidak ada yang tertinggal atau memang sengaja ditinggal," kata dia.

Dalam kasus ini, mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dan orang dekatnya Ahmad Fathanah sudah ditahan dan segera disidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi. Luthfi diduga menerima suap dari pejabat Indoguna, melalui Fathanah.

Beberapa waktu lalu, ikut-ikutan dalam penentuan kuota daging impor daging setiap tahunnya. Menurut dia, keputusan impor daging hanya sebatas koordinasi di tingkatannya.

"Menko tidak nunjuk apa-apa, rakor itu mengkoordinasikan. Saya rasa Pak Bayu Krisnamurthi [Wakil Menteri Perdagangan], sudah menjelaskan koordinasinya. Kemudian dari Menteri Pertanian, Suswono, dibahas oleh Bu Diah Maulida [Deputi Menko Bidang Pertanian] karena perdagangan punya pikiran lain," kata Hatta, awal Februari lalu. (umi)

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Sebuah mobil sedan terbakar di SPBU Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri saat hendak isi BBM pada Selasa, 23 April 2024. Polisi langsung olah TKP.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024