12 Tersangka Cebongan Akan Dikirim ke Denpom Yogya Hari Ini

Penyerangan Lapas Cebongan Sleman
Sumber :
  • ANTARA
VIVAnews - 12 tersangka anggota Group 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartosuro yang terlibat dalam penyerangan Lapas Cebongan, yang menewaskan empat tahanan titipan Polda DIY, Rabu 19 Juni 2013, rencananya akan dibawa ke Yogyakarta untuk menjalani proses persidangan di Mahkamah Militer II-11 Yogyakarta.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

"Pemindahan para tersangka kemungkinan pagi atau siang hari, karena jika dilakukan saat malam hari harus mempertimbangan keselamatan para tersangka," kata Komandan Korem 072/Pamungkas, Brigjend TNI Adi Widjaja, di Yogyakarta, Selasa 18 Juni 2013.
Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Rombongan tersangka nantinya akan mendapatkan pengawalan khusus dari Semarang hingga Yogyakarta. Di Yogyakarta, ke 12 tersangka akan dititipkan di Denpom IV/2 Yogyakarta hingga selesainya proses persidangan.
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

"Pada Kamis 20 Juni 2013, ke 12 tersangka akan menjalani persidangan perdana di Pengadilan Militer Yogyakarta," jelas Adi.

Selama penitipan 12 tersangka di Denpom IV/2 Yogyakarta, disiapkan empat ruang tahanan yang kini telah kosong. Sebab, para tahanan yang menempati sel tersebut telah selesai menjalani persidangan dan dipindahkan ke Lapas Cimahi dan Lapas Surabaya.

"Semua tersangka akan ditempatkan di Denpom IV/2 Yogyakarta dan tidak akan dipisah-pisah dan harus dijaga dengan asas kemanusian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Tata Urusan Dalam Dilmil Yogyakarta, Kapten (Sus) Aulisa Dandel, mengatakan pada sidang perdana akan dibacakan dakwaan terhadap 12 tersangka pelaku penyerangan Lapas Cebongan dan menyebabkab empat tahanan titipan Polda DIY tewas.

"Pembacaan dakwaan akan dibagi menjadi empat berkas dan diusahakan selesai dalam satu hari," jelasnya.

Pelaksanaan sidang sendiri akan digelar di dua ruangan. Dua perkara akan disidangkan di ruang sidang utama dan dua lainnya akan dilaksanakan di ruang sidang bagian belakang.

"Kita juga telah menyiapkan kelengkapan ruang sidang temasuk mengganti kursi, pemasangan layar monitor dan sound system bagi pengunjung yang tidak dapat masuk ke ruang sidang," tutur Aulisa. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya