Ribuan Polisi Siaga di Sumatera Utara, Gubernur Dilantik

Pelantikan Gubernur Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Harry Ondo Saragih
VIVAnews
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun
- Kepolisian Daerah Sumatera Utara (PoldaSu) disiagakan mengantisipasi demo pada pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2013-2018 yang rencananya akan digelar Senin, 17 Juni 2013, di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Sekitar 3.000 personel kepolisian berseragam lengkap  dibantu 350 TNI akan mengamankan lokasi pelantikan dan sejumlah titik-titik. Kabarnya, pada acara pelantikan pasangan Gatot Pujo Nugroho dan wakilnya Tengku Ery, akan ada ribuan massa dari berbagai elemen yang akan melakukan aksi unjukrasa.
Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora


"Kami akan kerahkan personel kepolisian dan TNI untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan pada acara pelantikan gubernur besok. Semuanya akan kita sebar di berbagai titik," ujar Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Poldasu, Komisaris Besar Pol Iwan Hary Sugiarto


Menurut Iwan Hary, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi di dalam gedung DPRD Sumut yang merupakan tempat berlangsungnya acara pelantikan tersebut. "Nanti semua undangan yang hadir mengecek undangan para tamu untuk menghindari segala kemungkinan yang terjadi. Petugas hanya mengamankan saja," katanya.


Selain itu, personel keamanan juga disiagakan di berbagai titik sasaran demo. Pasalnya, di hari yang sama, akan ada aksi unjukrasa penolakan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak per tanggal 17 Juni 2013. Sepekan terakhir, Medan diramaikan gelombang aksi unjukrasa penolakan kenaikan BBM dari berbagai elemen.


Pantauan VIVAnews, hingga Minggu 16 Juni 2013, sejumlah titik sasaran demo sudah dipagari oleh kawat berduri, seperti di kantor DPRD Sumut, DPRD Medan, Kantor Gubernur, Kejati Sumut, dan lainnya. Begitu juga dengan pengamanan bandara Polonia, Stasiun Kereta Api, pelabuhan juga  menjadi perhatian khusus pihak kepolisian. Meskipun demikian, belum terlihat ada pengamanan ketat yang terlihat hingga saat ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya