SBY Buka Pesta Budaya Terakbar di Bali

Tari Kecak Bali.
Sumber :
  • gonla.com

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) ke XXXV yang digelar di seputaran Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi, Renon, Denpasar, Sabtu 15 Juni 2013.

Pada kesempatan itu, SBY melepas pawai budaya sebagai tanda dimulainya pesta kesenian terakbar di Pulau Dewata itu. Nanti malam, SBY akan membukanya secara resmi.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengungkapkan tema PKB tahun ini adalah Taksu. "Taksu adalah membangkitkan daya kreatif dan jati diri, kekayaan dan dinamika kesenian Bali yang tumbuh dengan integritas," kata Pastika.

Dari pergulatan budaya itu, sambung Pastika, lahir karya agung yang menumbuhkan jati diri masyarakat Bali yang sesungguhnya.

Ia memaparkan, pada kesempatan itu akan dilakonkan pertunjukkan pasukan pengaman tradisional Bali 'pecalang.' "Pawai ini juga akan diramaikan perwakilan duta sembilan kabupaten/kota di Bali sesuai dengan lokal genius masing-masing," imbuhnya.

Tak hanya dari Bali, peserta PKB tahun ini juga datang dari Provinsi Papua, Kabupaten Sumenep, dan Lampung Barat serta satu peserta luar negeri dari Timor Leste.

"Ini membuktikan jika budaya Bali berdampingan dengan kebudayaan lain di Indonesia bahkan dunia," tutup Pastika.

Ilustrasi uang tunai/gaji/pesangon.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Akhir bulan menjadi momentum anak muda untuk beralih ke HP (smartphone/ponsel pintar) baru, karena merupakan waktunya gajian. Hal ini tentu tidak disia-siakan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024