3 Menteri PKS Izin Tak Hadiri Sidang Kabinet soal BBM

Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews -
Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini
Tiga menteri dari Partai Keadilan Sejahtera tidak hadir dalam sidang kabinet yang digelar di kantor presiden, Jakarta, Rabu 12 Juni 2013. Mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Sosial Salim Segaf Al Djufri dan Menteri Pertanian Suswono.

Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya

Dalam rapat kabinet kali ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II kembali membahas soal kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Terkait ketidakhadiran ketiga menteri PKS tersebut, Menko Polhukam Djoko Suyanto mengkonfirmasi bahwa mereka telah izin sebelumnya kepada presiden.
Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis


"Izinnya ke presiden. Saya dapat yembusan. Para Menteri PKS izin ke DPTP PKS di Lembang untuk memberikan penjelasan tentang kebijakan APBN-P 2013," ujar Djoko melalui pesan singkat.


Senada dengan Djoko, juru bicara presiden Julian Aldrin Pasha membenarkan bahwa ketidakhadiran tiga menteri PKS dalam rapat kabinet ada alasannya. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut apakah menteri PKS diundang dalam rapat tersebut atau tidak.


"Apa pentingnya urusan diundang atau tidak, yang jelas kan bahwa presiden menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui media," kata Julian.


Sebelum sidang kabinet digelar, dalam acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2012 di Istana Negara, ketiga menteri PKS juga tidak hadir. Julian mengaku tidak tahu apakah dalam acara tersebut ketiganya mengantongi izin untuk tidak hadir atau tidak.


"Ditanyakan kepada mereka yang tidak hadir. Saya bukan petugas absensi untuk mereka. Kok saya harus jawab. Katanya memang ada demo di bundaran HI ya? Mungkin ada kesibukan di sana," katanya.


Sebelumnya, saat acara penyampaian LHP LKPP Tahun 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya sempat menyindir ketidakhadiran para menteri itu. Padahal saat itu ia tengah membahas tentang transparansi anggaran di pemerintahan.


"Era transparansi harus begitu. Jangan sampai yang salah dua orang, yang dimarahi semua. Biasanya begitu," kata SBY sambil diselingi tawa.


Sejumlah tamu undangan, para menteri dan jajaran Badan Pemeriksaan Keuangan yang hadir pun tampak tertawa mendengar ucapan SBY tersebut. "Mungkin yang salah malah tidak ada di ruangan ini. Sedang ke mana begitu, yang dimarahi yang tidak salah," ujarnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya