NASIONAL

Bayi Kembar Siam Rahmi-Rahma Akan Jalani Operasi Pemisahan

Sejumlah organ akan dipisahkan secara hati-hati.

ddd
Selasa, 11 Juni 2013, 05:49
Bayi kembar siam Rahma dan Rahmi
Bayi kembar siam Rahma dan Rahmi (Aji Jun Putra/VIVAnews)
VIVAnews - Rumah Sakit Muhammad Hoesien (RSMH) Palembang akan melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam Rahma dan Rahmi yang tercatat lahir pada 9 Maret 2012. Operasi pemisahan akan dilaksanakan Sabtu 15 Juni 2013 pukul 07.00 WIB.

Wakil Ketua Pelaksana Operasi sekaligus Spesialis Bedah Anak, Sindu Saksono, Senin 10 Juni 2013 mengatakan, persiapan untuk melakukan operasi terhadap putri dari Lia Rusdiana telah direncanakan tim dokter sejak dua bulan lalu. Ada dua rumah sakit yang terlibat dalam operasi nanti.

"Tim dokter bedah dari RS Soetomo Surabaya dan dokter bedah dari RSMH," kata Sindu dalam keterangan pers.

Ada 50 dokter tim ahli yang disiapkan. Di antaranya, tim ahli kardiovaskular, paru, bedah anak, bedah urologi, bedah plastik, bedah syaraf, bedah ortopedi, dan tim anestesi.

Sindu menuturkan, sejumlah organ bayi tersebut dalam keadaan berdempet dan harus dipisahkan. Seperti usus yang saling bersambung dengan usus besar dan usus kecil. "Kami akan melakukan pemotongan usus. Ada sebagian usus yang akan disambungkan kembali dengan menggunakan alat khusus pemotong usus," jelasnya.

Dokter spesialis anak ini tak menampik kemungkinan adanya risiko kebocoran usus dan pendarahan saat dilakukan operasi pemotongan usus.

Selain operasi pada usus, ada beberapa organ lain yang menyatu dan akan dilakukan pemisahan salah satunya hati. "Nanti dari tim dokter melakukan operasi dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Kami juga akan memperbaiki saluran kencingnya," kata Sindu.

Zulkarnain, salah satu tim bedah ortopedi menjelaskan, pembuluh darah yang berada pada kedua kaki Rahma-Rahmi hanya memiliki satu saluran pembuluh darah. Itu pun belum diketahui milik Raham atau Rahmi.

"Misalkan Rahma yang tidak mendapatkan aliran darah, kemungkinan risiko pada kaki Rahma tidak dapat berfungsi," dia mengungkapkan.

Sementara itu, Lia yang adalah ibu kedua bayi tersebut, sangat berharap operasi pemisahan anaknya nanti berjalan dengan baik dan lancar. "Ini keputusan yang terbaik untuk Rahma-Rahmi. Saya ingin melihat mereka melakukan aktivitas seperti bayi yang lain," kata Lia saat ditemui VIVAnews di RSMH Palembang.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru