Ultah Soeharto, Harmoko Ziarahi Giri Bangun

Makam Astana Giribangun
Sumber :
VIVAnews - Bertepatan dengan hari ulang tahun mantan penguasa Orde Baru yang jatuh hari ini tanggal, 8 Juni, makam Soeharto di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar dibanjiri pengunjung. 
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Tak ketinggalan, mantan Ketua MPR yang melengserkan Soeharto, Harmoko juga ikut menziarahi makam tokoh bapak pembangunan tersebut.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Juru kunci Makam Astana Giri Bangun, Sukirno mengatakan jumlah peziarah hari ini jumlahnya cukup banyak, mengingat bertepatan dengan ulang tahun Soeharto. Namun, lonjakan peziarah itu telah terjadi sejak hari Kamis lalu.
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

"Kalau hari ini peziarahnya memang banyak yang akan mengikuti acara tahlil dan dzikir di Dalem Kalitan. Pasalnya, kemarin-kemarin banyak yang memberitahu kalau sebelum ke Kalitan akan nyekar dulu ke Giri Bangun," kata dia kepada VIVAnews, Sabtu, 8 Juni 2013.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan lonjakan jumlah peziarah ke makam Soeharto akan berlangsung hingga Minggu besok. "Ya lonjakannya memang saya perkirakan selama empat hari sejak Kamis kemarin," katanya.

Tak hanya warga biasa yang melakukan ziarah ke Astana Giri Bangun, Sukirno menyebutkan mantan Menteri Penerangan, Harmoko juga melakukan ziarah ke makam Soeharto pada hari ini.

"Tadi Pak Harmoko menelepon ketika saya sedang ada di acara persemian museum Soeharto, sehingga saya tidak bisa menemui beliau ziarah ke Giri Bangun. Kira-kira sekitar pukul 09.00 WIB, Pak Harmoko ziarahnya," ucap dia.

Ketika disinggung apakah putra putri Soeharto juga akan melakukan ziarah, ia mengakui belum mengetahuinya. Sebab belum ada informasi mengenai rencana kedatangan mereka. "Saya belum tahu, mungkin nanti malam setelah acara di Kalitan baru naik (Astana Giri Bangun)," ujarnya lagi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya