Ribuan Orang Akan Ikuti Peringatan HUT Presiden Soeharto

Foto Presiden Soeharto dan dan Ibu Tien di Dalem (rumah) Kalitan, Solo.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq
VIVAnews
Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh
- Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri acara peringatan hari kelahiran Presiden Soeharto yang dipusatkan di Dalem (rumah) Kalitan, Solo, pada Sabtu, 8 Juni 2013 mendatang. Peringatan hari kelahiran mantan penguasa orde baru yang ke-92 tahun itu akan digelar dengan tahlil, dzikir dan salawat.

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Pantauan
Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini
VIVAnews , Rabu, 5 Juni 2013, sejumlah petugas terlihat sibuk memasang tenda di sekitar halaman Dalem Kalitan, yang merupakan kediaman Ibu Tien Soeharto.

Petugas rumah tangga Dalem Kalitan juga terlihat sibuk membesihkan lantai marmer rumah. Kesibukan itu merupakan bagian dari persiapan puncak peringatan hari kelahiran Presiden Soeharto.

 

Ketua Rumah Tangga Dalem Kalitan, RM Agus Surindra mengatakan, peringatan hari kelahiran Soeharto kali memang akan dipusatkan di Dalem Kalitan, Solo. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya peringatan hanya dilakukan secara sederhana di beberapa tempat seperti, Jaten Karanganyar, Kemusuk, TMII, Cendana, dan makam Astana Giri Bangun.

 

"Untuk pengetan ageng (hari kelahiran) tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pengajian pengetan ageng kali ini memang lebih besar dan dipusatkan di Dalem Kalitan," kata Agus Surindra.

 

Selanjutnya dia mengungkapkan, dalam acara nanti, seluruh putra-putri dan keluarga besar mantan Presiden Soeharto dipastikan hadir.


“Ada juga sejumlah tokoh masyarakat yang sudah mendaftarkan untuk hadir, seperti Aburizal Bakrie, Wiranto, Akbar Tandjung, Agung Laksono, Subagyo HS. Semoga semuanya bisa hadir untuk maramaikan acara pengajian ini," katanya.

 

Selain akan dihadiri oleh para tokoh masyarakat dan putra-putri Presiden Seoharto, panitia juga menyebarkan 250 undangan VIP, baik untuk tamu dari Jakarta maupun Solo.


"Kita hanya menyebarkan undangan VIP sebanyak 250 undangan. Sedangkan lainnya nanti adalah jamaah salawat Habib Syech yang berasal dari berbagai daerah," ujarnya lagi.


Sementara itu perwakilan dari jamaah shalawat Habib Syech Assegaf, Edy Hendaryani menyebutkan, jumlah jamaah salawat Habib Syech yang akan hadir dalam acara pengajian peringatan hari kelahiran Soeharto diperkirakan mencapai 30 ribu orang. Mereka berasal dari Solo dan daerah sekitarnya.

 

“Sekitar tiga minggu yang lalu Mas Tommy sowan ke Habib Syech untuk menggelar pengajian yang lebih besar dalam pengajian peringatan hari kelahiran Pak Harto. Habib Syech juga diminta Mas Tommy untuk mengisi acara pengajian itu," katanya.


Pengajian tersebut akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB pada Sabtu malam nanti. Selain Habib Syech Assegaf yang akan mempimpin pembacaan salawat. Sementara pembacaan dzikir dan tahlil akan dipimpin KH Abdul Karim Ahmad. Sedangkan yang akan memberikan tauziah pengajian adalah KH Muhlis Hudaf dari Batur, Ceper, Klaten. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya