VIDEO: Gubernur Sumsel Jamin Keamanan Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di lokasi kebakaran.
Sumber :
  • ANTV

VIVAnews – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengimbau masyarakat Palembang tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa, termasuk para pedagang di Pasar 16 Ilir, lokasi yang Selasa kemarin, 4 Juni 2013, menjadi sasaran aksi anarki demonstran pendukung salah satu calon wali kota Palembang.

Noerdin meminta pedagang di pasar itu tetap berdagang tanpa rasa takut. Ia menjamin Palembang akan aman pasca peristiwa pembakaran pertokoan elektronik terbesar di kota itu. “Saya jamin Palembang aman. Tak ada unsur etnis (dalam pembakaran). Biar polisi selidiki dulu,” kata dia.

Lihat situasi terkini di kota Palembang dan imbauan Gubernur Sumsel .

Sementara itu, Kapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Polisi Saud Nasution mengatakan, sejauh ini polisi telah mengumpulkan keterangan dari 8 orang saksi, di mana 6 di antaranya berasal dari karyawan toko elektronik dan 2 dari masyarakat.

“Penyelidikan masih dalam proses untuk mengetahui apakah ada kaitannya dengan tidak (peristiwa pembakaran dengan sengketa pilkada),” ujar Saud.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Soal keterlibatan massa pendukung salah satu calon wali kota dalam aksi anarki itu diungkapkan oleh Kapolres Palembang Kompol Sabarudin Ginting. “Saksi mengatakan, ada sebagian massa demo yang melakukan pembakaran itu,” kata Kapolres.

Palembang sendiri besok Kamis, 6 Juni 2013, akan kembali menggelar pilkada. Namun kali ini bukan pemilihan wali kota Palembang, melainkan pemilihan Gubernur Sumatera Selatan.

Terkait pilkada besok, Noerdin kembali menjamin pelaksanaannya akan berjalan lancar. “Insya Allah TNI dan Polri akan menjaga keamanan dalam Pilgub,” ujarnya. (Laporan: Aji YK Putra, Palembang | umi)

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Baca juga:

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024