Pertokoan Elektronik di Palembang Dibakar, 2 Ditangkap

Kebakaran di Palembang.
Sumber :
  • VIVAnews/Aji YK Putra
VIVAnews
Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya
– Ratusan orang demonstran pendukung calon wali kota Palembang nomor urut 3 diduga membakar Toko Jaya Raya Elektronik yang merupakan salah satu toko elektronik terbesar di Palembang, Selasa siang 4 Juni 2013. Tiga toko elektronik lainnya di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, juga ikut dibakar massa.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Kepolisian kini menangkap dua orang yang ikut dalam aksi demonstrasi untuk dimintai keterangan lebih lanjut. “Baru dua orang massa aksi yang kami amankan. Inisial belum bisa disebutkan karena (kebakaran) ini masih diselidiki,” kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Nasution kepada
Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta
VIVAnews . Kapolda turun langsung ke lokasi kejadian.


Jenderal bintang dua ini belum bisa memastikan apa persisnya keterkaitan antara aksi pembakaran tersebut dengan sengketa Pilkada Palembang. “Kami masih selidiki motifnya,” ujar Saud.


Asna (45 tahun), pemilik Toko Tunas Elektronik yang juga dibakar massa mengatakan, sekitar pukul 12.00 WIB dia berada di dalam toko dan melihat beberapa orang massa aksi berada di depan tokonya. “Sewaktu saya mau keluar, rombongan itu langsung menyuruh saya masuk. Saya masuk, lalu terdengar ledakan, dan toko saya terbakar,” kata dia trauma.


Sebelumnya, Kapolres Kota Palembang Kombes Pol Sabarudin Ginting mengatakan, kebakaran di sejumlah toko elektronik itu diduga dilakukan oleh massa yang menggelar aksi di kantor DPRD Kota Palembang pagi tadi.


“Setelah melakukan aksi, massa langsung bergerak menuju kantor gubernur. Sesampainya di Jalan Ampera, massa malah menghadang jalan dan menyebabkan kemacetan panjang. Selain itu, rambu-rambu lalu lintas dirusak massa,” kata Ginting.


Menurut Ginting, sebagian massa pendemo itu kemudian menuju kompleks pertokoan yang berada tak jauh dari jembatan Ampera. Di sana, mereka langsung membakar toko. Api pun cepat menjalar dan kebakaran tak terhindarkan. “Kami kecolongan,” ujar Kapolres.


Laporan : Aji YK Putra | Palembang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya