Pelajar Papua: Kualitas Pendidikan Papua Sudah Maju

Gresi Tifani Muabuay, pelajar berprestasi dari Papua
Sumber :
  • VIVAnews/Santi Dewi
VIVAnews -
Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Pelajar asal Papua, salah satu Outstanding Students for the World 2013, mengatakan bahwa pendidikan di daerah sudah jauh lebih maju. Infrastruktur pendidikannya juga tidak kalah dengan sekolah-sekolah di pulau Jawa.

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

"Memang kalau membandingkan standar dengan yang ada di pusat tentu masih jauh, tetapi kualitas pendidikan di Papua sudah cukup bagus," kata Gresi Tifani Muabuay, siswa SMAN 3 Jayapura, satu dari 21 pemuda berprestasi penerima penghargaan "Outstanding Students for the World 2013" (OSTW) di Jakarta, Senin 3 Juni 2013.
Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran


Bahkan untuk pelajaran Bahasa Inggris, Gresi menyebut kini anak-anak Papua sudah diajarkan sejak di bangku SD. Pembangunan infrastruktur di Papua pun disebut Gresi sudah cukup pesat.


Hal ini diakui karena fasilitas sekolah tempatnya belajar sama baiknya dengan fasilitas di sekolah-sekolah di pulau Jawa. Bahkan pengalaman siswa Papua yang harus menyeberangi sungai terlebih dahulu untuk bersekolah, sudah mulai berkurang.


"Lagipula cerita mengenai siswa Papua harus berjalan jauh dan perlu menyeberangi sungai untuk ke sekolah hanya ada di daerah terpencil. Untuk perkotaan sudah tidak ada lagi. Cerita itu seolah-olah ingin menyamaratakan bahwa semua daerah di Papua itu masih terisolir," imbuhnya.


Gresi baru saja memenangkan kompetisi Bahasa Inggris tingkat provinsi. Hadiahnya, dia akan dikirim ke Australia selama dua minggu untuk mengenalkan budaya Indonesia. Namun sebelumnya, sebagai salah satu penerima OSTW, dia jua akan mengunjungi Inggris selama lima hari, berangkat malam ini.


"Di sana kami akan mengadakan kunjungan ke universitas unggulan seperti Oxford, Cambridge dan London. Di sana juga kami semua akan mempresentasikan semua prestasi yang telah kami raih," kata Gresi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya