Profil Putra Wiranto yang Meninggal di Afrika Selatan

Zainal Nurrizki, putra bungsu Jenderal (Purn) Wiranto
Sumber :
  • Nila Chrisna Yulika/VIVAnews

VIVAnews - Zainal Nur Rizky, meninggal dunia di Johanesburg, Afrika Selatan, Rabu 29 Mei 2013. Putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura Wiranto itu meninggal di usia 23 tahun, karena demam.

Tapi rupanya, Zainal tak sendiri terjangkit sakit demam itu. Menurut Wiranto, satu pertiga teman-teman Rizky yang bersekolah di Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Johanesburg, Afrika Selatan, juga terkena demam yang sama.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Keluarga mengira sakit yang diderita Zainal adalah demam biasa. Tapi, ternyata demam itu semakin parah, hingga Inal --panggilan msa kecilnya-- harus dirawat di rumah sakit. Setelah dua hari di rawat di rumah sakit, Zainal menghembuskan nafas terakhir.

Istri Wiranto, Rugaiyah Usman atau biasa dipanggil Uga Wiranto, menuturkan Zainal adalah anak laki-laki yang baik, tetapi kadang-kadang bandel seperti layaknya anak laki-laki lain.

Namun, rupanya, selepas menamatkan SMA dia sangat tertarik di dunia dakwah dan melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada.

"Sambil kuliah di UGM, dia ikut (mirip) kakeknya, suka menyiarkan agama. Kakek Zainal juga seorang imam di kecamatan saya, jadi dia satu-satunya laki-laki yang diharapkan bisa menyiarkan agama," ujar dia.

Sebelum memilih bersekolah di Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Afrika Selatan, Zainal pernah memperdalam agama di India, Pakistan dan Arab.

"Darul Uloom, itu adalah salah satu sekolah yang didirikan salah satu pengusaha kaya di sana, muridnya banyak dari seluruh dunia ada di sana," kata Uga.

Kurang tiga bulan sebelum meninggal, tepatnya 13 Maret 2013, Zainal menikah dengan Salsabila, wanita berusia 15 tahun. Salsabila juga salah satu murid dari Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, di mana Zainal bersekolah di sana. Ia putri seorang pilot asal Indonesia yang bekerja di maskapai internasional.

Profil Zainal Nur Rizky

Nama: Zainal Nur Rizky
Lahir: Gorontalo, 8 Maret 1990
Bapak/Ibu: Wiranto dan Rugaiyah Usman atau Uga Wiranto
Kakak 1: Amalia Siyanto
Kakak 2: Ika Mayasari

Pendidikan:
SD : Al Azhar, Jakarta
SMP:  SMP Sudirman, kemudian pindah ke Sentul Boarding School
SMA: Lab School, Rawamangun, Jakarta
Universitas: UGM (hanya satu semester) tahun 2011, pindah ke Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Johanesburg, Afrika Selatan.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Menikah: 13 Maret 2013
Istri: Salsabila (15 tahun) dari Jakarta. Ibu dari Ujung Pandang, Bapak dari Solo.

Hobi: Menyanyi, baca puisi dan membaca Alquran. Setiap hari menghafal hadist, belajar bahasa Urdu dan Arab.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Selepas lulus SMA, langsung tertarik dahwah dan bergabung dengan sebuah komunitas dakwah (tablig). Satu komunitas dengan mantan personel Sheila on 7, Sakti. (adi)

Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024