NASIONAL

Profil Putra Wiranto yang Meninggal di Afrika Selatan

Selepas menamatkan SMA, Zainal tertarik di dunia dakwah.

ddd
Kamis, 30 Mei 2013, 07:38
Zainal Nurrizki, putra bungsu Jenderal (Purn) Wiranto meninggal di Afrika Selatan
Zainal Nurrizki, putra bungsu Jenderal (Purn) Wiranto meninggal di Afrika Selatan (Nila Chrisna Yulika/VIVAnews)

VIVAnews - Zainal Nur Rizky, meninggal dunia di Johanesburg, Afrika Selatan, Rabu 29 Mei 2013. Putra bungsu Ketua Umum Partai Hanura Wiranto itu meninggal di usia 23 tahun, karena demam.

Tapi rupanya, Zainal tak sendiri terjangkit sakit demam itu. Menurut Wiranto, satu pertiga teman-teman Rizky yang bersekolah di Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Johanesburg, Afrika Selatan, juga terkena demam yang sama.

Keluarga mengira sakit yang diderita Zainal adalah demam biasa. Tapi, ternyata demam itu semakin parah, hingga Inal --panggilan msa kecilnya-- harus dirawat di rumah sakit. Setelah dua hari di rawat di rumah sakit, Zainal menghembuskan nafas terakhir.

Istri Wiranto, Rugaiyah Usman atau biasa dipanggil Uga Wiranto, menuturkan Zainal adalah anak laki-laki yang baik, tetapi kadang-kadang bandel seperti layaknya anak laki-laki lain.

Namun, rupanya, selepas menamatkan SMA dia sangat tertarik di dunia dakwah dan melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada.

"Sambil kuliah di UGM, dia ikut (mirip) kakeknya, suka menyiarkan agama. Kakek Zainal juga seorang imam di kecamatan saya, jadi dia satu-satunya laki-laki yang diharapkan bisa menyiarkan agama," ujar dia.

Sebelum memilih bersekolah di Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Afrika Selatan, Zainal pernah memperdalam agama di India, Pakistan dan Arab.

"Darul Uloom, itu adalah salah satu sekolah yang didirikan salah satu pengusaha kaya di sana, muridnya banyak dari seluruh dunia ada di sana," kata Uga.

Kurang tiga bulan sebelum meninggal, tepatnya 13 Maret 2013, Zainal menikah dengan Salsabila, wanita berusia 15 tahun. Salsabila juga salah satu murid dari Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, di mana Zainal bersekolah di sana. Ia putri seorang pilot asal Indonesia yang bekerja di maskapai internasional.

Profil Zainal Nur Rizky

Nama: Zainal Nur Rizky
Lahir: Gorontalo, 8 Maret 1990
Bapak/Ibu: Wiranto dan Rugaiyah Usman atau Uga Wiranto
Kakak 1: Amalia Siyanto
Kakak 2: Ika Mayasari

Pendidikan:
SD : Al Azhar, Jakarta
SMP:  SMP Sudirman, kemudian pindah ke Sentul Boarding School
SMA: Lab School, Rawamangun, Jakarta
Universitas: UGM (hanya satu semester) tahun 2011, pindah ke Perguruan Tinggi Ilmu Agama Islam Darul Uloom Zakariyya, Johanesburg, Afrika Selatan.

Menikah: 13 Maret 2013
Istri: Salsabila (15 tahun) dari Jakarta. Ibu dari Ujung Pandang, Bapak dari Solo.

Hobi: Menyanyi, baca puisi dan membaca Alquran. Setiap hari menghafal hadist, belajar bahasa Urdu dan Arab.

Selepas lulus SMA, langsung tertarik dahwah dan bergabung dengan sebuah komunitas dakwah (tablig). Satu komunitas dengan mantan personel Sheila on 7, Sakti. (adi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
viva.nyus
30/05/2013
innalillahi wainna ilaihi rodjiun, semoga semua amal sholeh diterimaNya. Selamat kepada pak Wiranto & ibu karena telah berhasil memiliki anak yang taat kepadaNya. ini adalah kesuksesan yang hakiki. Semoga pak Wiranto dapat mengambil hikmah terbaik ini
Balas   • Laporkan
ari57
30/05/2013
Turut belasungka pak Wiranto sekeluarga. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Semoga khusnul khotimah...Amien.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id